Thursday, January 7, 2010

Bikin Blog Biar Menarik (3)

     Banyak cara bikin blog menjadi menarik, dengan tujuan menarik kunjungan atau meningkaatkan traffic. Blog yang menarik tentunya berbeda bagi masing-masing orang sesuai selera.Pada artikel terdahulu telah ditampilkan cara menambahkan slideshow pada blog (klik disini). Dengan cara ini kita bisa memperoleh tampilan gambar dari situs Flickr dan Picasaweb. Meskipun kita tidak punya koleksi di dua situs tersebut, kita tetap bisa menampilkan foto-foto dari situs tersebut dengan memasukkan keywords yang sesuai dengan isi blog kita (otomotif, olahraga, fashion, travel, dsb). Bagi yang sudah punya account di situs tersebut, tentu bisa menampilkan koleksi foto pribadinya, asalkan sudah menambahkan keywords/tag pada foto-foto tersebut. Bagaimana halnya jika kita tidak menambahkan keywords/tag pada foto yang ingin ditampilkan?
     Pada artikel kali ini , kita mencoba menampilkan slideshow langsung embed dari situs Picasaweb. Jadi diasumsikan sudah punya account di situs ini. Coba lakukan langkah-langkah berikut: Buka album Picasaweb dengan terlebih dahulu melakukan sign in. Setelah itu pilih Album yang ingin ditampilkan pada blog (pengin koleksi foto diri atau foto yang terkait dengan isi blog), atau bisa juga keseluruhan koleksi album yang ada.
Untuk menampilkan keseluruhan album, tinggal klik embed slideshow di sebelah kanan, sedangkan jika ingin menampilkan salah satu album saja, tinggal pilih album, lalu klik link to this album dan klik embed slideshow, lalu pada box pilih ukuran tampilan, lalu klik kode yang tersedia untuk mengcopy.


Selanjutnya, buka dashboard blogger, masuk ke layout, lalu pilih lokasi penempatan slideshow (samping/sidebar, atau di bawah). Kemudian klik add a gadget.


Pada jendela baru yang muncul, pilih HTML/Java Script
 lalu pada kotak content langsung paste kode yang telah di copy. Akhiri dengan klik save.


     Pada halaman page element klik sekali lagi save, dan kita tinggal lihat hasilnya dengan meng klik view blog
Selamat mencoba, dan jangan berhenti mencoba hal-hal menarik lainnya seperti yang dilakukan blog ini untuk terus belajar dan berbagi. Semoga bermanfaat.

mansukamansukamansukamansuka


Bikin account Picasaweb disini
Download software Picasa disini

Artikel terkait

0 comments: