Sunday, December 13, 2009

Bikin Blog Biar Menarik (2)

     Blog yang menarik tentu bikin blog jadi populer. Bikin blog jadi menarik banyak caranya.Dalam postingan sebelumnya dengan judul yang sama, sudah dijelaskan bahwa untuk mengubah tampilan theme atau istilah bakunya:template , kita bisa mengambil dari beberapa situs, yang dapat ditemukan apabila kita rajin browsing. Banyak situs yang menyediakan berbagai bentuk dan varias templates, yang penting kita harus ingat adalah bahwa formatnya sesuai yang disupport oleh blogger, biasanya sih sekarang ini tampilan standar blogger pake format atau kode template XML, jadi kudu dicek file template yang akan kita download berkode sama XML.
     Selanjutnya, bila dirasa tampilan temlplate masih kurang personal, kita bisa menambahkan element yang ada di sidebar dengan berbagai gadget/widget yang tersedia di Blogger. Dalam postingan kali ini, aku ingin sharing pengalamanku gimana aku nambahin widget atau element tambahan baik  itu di sidebar maupun pada footer (istilah ini akan muncul pada saat kita buka dashboard, klik layout, tab page elements) Kita ambil contoh untuk menambah element di sidebar, yaitu seperti elemen tambahan yang ada di samping tulisan ini. .
     Aku mulai dengan membuka situs blogger.com, akan muncul kotak isian sign in atau login, lalu masuk dengan email adress dan password. Kemudian akan muncul halaman dashboard, kira kira artinya, inilah meja kerja kita untuk melakukan aktivitas blogging, mulai dari bikin postingan (new post), edit post, setting, layout, dan monetise. Karena aku ingin menambah element halaman, maka aku klik layout, dan muncul bagan, atau denah dengan penjelasan dari atas ada navbar, header, isi blog atau postingan, side bar dan footer. Di masing-masing bagian itu bila terdapat add a gadget/tambah element halaman, artinya ditempat tersebut kita bisa nambah berbagai macam element, yang banyak sudah tersedia di blogger, kita tinggal pilih salah satu.

Caranya, klik add agadget, akan muncul jendela sebelah kiri beberapa pilihan gadgetnya. Pilih salah satu, misalnya labels (ini berfungsi sebagai grup atau topik yang dibahas dari isi artikel postingan kita). Klik tanda (+) di sebelah kanan, dan akan muncul lagi jendela baru dengan tampilan sebelah atas Tittle : Label (bisa diganti dengan topik, group atau sesuaikan dengan selera).  Tunggu sebentar untuk loading, lalau muncul safe. Setelah tersimpan, maka di sidebar sudah muncul label.
     Dari sekian banyak pilihan gadget yang ada di file blogger yang sudah tinggal pakai, ada satu yang sangat berguna yaitu   HTML/JAVA Script. Gadget ini berfungsi untuk menambahkan element halaman yang diambil dari luar daftar file yang disediakan oleh jendela blogger. Contohnya adalah gadget AW Survey yang ada di blog ini. Aku mengunduhnya (download) dari situs AWSurvey, dengan cara meng-copy kode HTML yang disediakan (select all code dengan mouse, atau tekan Ctrl+A+C di keyboard). Kemudian, ulangi cara menambah gadget seperti diatas, yaitu kembali ke dashboard, klik layout dan klik add a gadget,pilih HTML/Java Script dengan meng-klik tanda + di sedelah kanannya. Setelah muncul jendela kosong, yg atas title silakan diisi sesui keinginan. Nama title akan muncul di atas gadget. Di halaman content, lansung saja paste kode di atas (Ctrl+V di keyboard), akhiri dengan klik Safe. Lalu jendela akan hilang, kita kembali di hadapan dashboard. klik safe, dan bila sudah tersimpan, tinggal klik view blog. Element baru sudah ada di sebelah kanan. Hal ini juga berlaku di atas atau di bawah halaman, tergantung jenis layout template yang kita pakai.mansuka
     Beberapa element yang perlu dipasangkan seperti Follow (siapa yang berlangganan blog kita) add/share this (memudahkan pengunjung untuk membagikan blog kita ke situs pertemanan seperti FB, Twitter, AOL, My Space, dll) Who's Online  (aku dapat dari situs whosamungus.com), untuk mengetahui member yang lagi on line,  traffic rank  (dapet dari alexa, untuk mengetahui ranking blog kita ). Semua itu cara downloadnya dengan copy-paste kode HTML. Dan untuk beberapa situs, meskipun menawarkan free download, kita tetap harus konfirmasi dulu dengan membuat account. Nggak masalah sih, cuma masukin sedikit data ama email and password aja. Cuman untuk alexa, agar situs blog kita bisa benar-benar dimonitor, kita mesti melakukan verifikasi untuk memastikan bahwa blog yang kita daftarkan benar-benar merupakan blog milik kita. Pada tab for sites owner, lakukan edit list. Akan muncul beberapa pilihan verifikasi. Aku pilih yang agak gampang , yaitu cara no. 2..(bagi yang tidak paham bahasa HTML sepertiku, secara berangsur-angsur ngerti dikit dengan otodidak, tanpa ada yang kasi tahu, lumayan kan bagi orang yang katanya gaptek). Kita disuruh mengcopy kode, lalu paste dengan menyisipkannya pada kode HTML yang ada di halaman edit HTML  blog milik kita cari kode lalu paste di sebelahnya, simpan. Kembali lagi ke alexa, pada no 2 klik submit. Kalau berhasil, maka kita mesti menunggu 1-2 hari untuk menikmati real time monitoring dari alexa perihal statistik blog kita.
     Semoga sharing ku ini bisa membuatmu tersenyum (entah senang entah mencibir) mansuka

0 comments: