Sunday, January 31, 2010

Tips Belajar ngeBlog Dari Situs Gratis

     Belajar bikin blog katanya sih gampang, tinggal bikin account, isi data, langsung sudah bisa menulis (posting). Tapi, kalau pengin blog kita tidak sekedar jadi "buku catatan pribadi" saja, perlu kiranya belajar banyak, baik dari buku panduan bikin blog yang banyak di jual di toko buku maupun kios-kios majalah, atau dengan cara menelusuri (surfing n' browsing) situs-situs yang memberikan panduan seputar cara bikin blog yang bagus. Selain banyak manfaat yang kita peroleh, utamanya adalah: gratis!
     Coba deh ketikkan keyword yang sesuai di Google atau Yahoo, misalnya: Panduan bikin blog, Belajar bikin blog, belajar bikin blog bagi pemula, dsb.  Setelah hasil telusur ditampilkan, coba buka salah satunya, lalu pelajari isinya, sesuaikan dengan apa yang kita inginkan. Kalau kurang cocok, coba lagi yang lain sampai ketemu situs yang benar-benar sesuai. Lalu sebaiknya kita berlangganan (bila situsnya berisi artikel yang temanya fokus masalah blog), dengan meng-klik tombol subscribe atau news feed atau follower. Jadi, setiap ada artikel atau posting an baru, kita bisa mengikutinya.
     Beberapa situs yang sangat menarik dan patut dijadikan rujukan antara lain :
  • Blogging Tips: selain tips dan trik bikin blog yang baik, situs ini juga memberikan eBook yang bisa di download secara gratis.
  • Daily Blog Tips: menunya sangat lengkap, mau pake wordpress atau blogger, panduan bagi pemula, SEO, templates,gambar, plug-in,widget,dll., yang semuanya gratis.
  • eblog templates: utamanya menyediakan templates baik gratis maupun berbayar untuk Blogger maupun Wordpress, juga berisikan berbagai panduan, tips n' tricks seputar blog.
     Tentunya masih banyak lagi situs-situs lain yang bisa dijadikan rujukan untuk belajar nge-blog supaya hasil karya kita menjadi lebih baik, lebih menarik dan isinya lebih bermanfaat bagi pengunjung. Jadi jangan segan untuk selalu mencari pengetahuan yang bermanfaat.
KEEP SURFING AND BROWSING yaaaaa

Artikel terkait :

0 comments: