Saturday, January 23, 2010

Google Analytics: Pelajaran Pertama

     Postingan ini merupakan lanjutan dari artikel yang kutulis sebelumnya perihal panduan belajar Google Analytics, bagaimana cara kita mengetahui seberapa populerkah, atau sebagai pemula pertanyaan yang lebih pas adalah, sudahkah blog kita dikunjungi dan dibaca oleh orang lain (visitors) ? Bagaimana kita mengetahui kalau blog kita sudah dikunjungi?Bahasa populernya, berapa banyak traffic  yang sudah terjadi?
     Kebetulan aku berlangganan (subscribe) tips dari situsnya David Cowgill yaitu eblog templates, yang menyarankan aku untuk mengaplikasikan perangkat yang bisa membantu kita menganalisa berbagai data traffic. Salah satu perangkat yang bisa membantu adalah Google Analytics, yang bisa memberikan beragam data perihal traffic yang terjadi dalam kurun waktu yang kita tentukan, baik itu perihal jumlah kunjungan (visits), pengunjung (visitors), jumlah halaman yang dikunjungi (pageviews), artikel yang dikunjungi (content) lama waktu berkunjung,  dsb, yang akan dijelaskan lebih detil pada postingan berikutnya. Untuk kali ini, mari kita sama-sama belajar dari awal membuka halaman pertama dari Google Analytics.

Setelah mengakses dengan memasukkan username menggunakan google account (gmail), kita dihadapkan pada halaman overview yang antara lain menampilkan : Pojok kiri atas, di bawah titel Google analytics terdapat account settings dan view reports, lalu sebelah kanan atas terdapat beberapa menu settingan. dan kurun waktu pengambilan/pemantauan data. Kemudian di bawah judul halaman overview terdapat tabel warna abu-abu dengan judul website profiles yang berisikan nama situs/blog, status (kalau sudah tercentang artinya sudah terpantau), dan kolom-kolom berisikan data visits, average time (waktu rata-rata), dsb. Data tersebut adalah data secara global, dan untuk memperoleh data secara lebih rinci, klik view reports  di bagian atas sebelah kiri pada garis berwarna orange, dan bila kita mendaftarkan lebih dari satu situs/blog, maka pada kotak di sebelah view reports akan muncul click  to select website profile. Pilih/klik nama situs/blog yang ingin ditampilkan.
     Kita sekarang masuk ke halaman dashboard, yang menampilkan sejumlah data dan grafik secara umum mengenai site usage  yaitu mengenai jumlah kunjungan, jumlah halaman yang dikunjungi, jumlah kunjungan baru, grafik kunjungan per tanggal yang dapat kita sesuaikan kurun waktunya dengan meng-klik tampilan tanggal yang ada di sebelah kanan atas. Lakukan penentuan tanggal awal dan akhir pemantauan sesuai yang dikehendaki dengan meng-klik tanggal pada kalender yang ditampilkan, lalu klik apply.Di bawah site usage terdapat data visitors overview dan map overlay. Lalu di bawahnya lagi terdapat data mengenai traffic source overview dan content overview. Semua tampilan data pada halaman dashboard ini adalah dalam bentuk rangkuman yang di tampilkan dalam satu halaman, secara umum dapat memberikan informasi jumlah kunjungan, pengunjung, asal pengunjung berdasarkan kesatuan wilayah/territory, dan dari mana pengunjung masuk berkunjung ( langsung/dirrect traffic, search engine,  atau referring sites), dsb.

     Bila kita ingin mengetahui lebih jauh mengenai informasi yang lebih mendetail dan terperinci, langsung saja pilih salah satu kelompok info yang terdapat pada bagian sebelah kiri tabel di atas. Di situ terdapat beberapa kelompok data seperti : intelligence (menampilkan settingan peringatan apabila terjadi pencapaian target kunjungan), visitors (info jumlah kunjungan dan pengunjung), traffic source (info cara yang dipakai pengunjung masuk ke situs kita), content (info artikel yang dikunjungi dan goal (info pencapaian target). Masing-masing kelompok apabila di klik, akan terbagi lagi menjadi sub-sub data yang lebih terperinci, contohnya kelompok content memiliki sub: top content, entrance keywords, dsb.
     Dengan memperoleh dan mengetahui informasi tersebut, tentunya kita bisa memantau seberapa kemampuan kita menampilkan blog kita kepada orang lain, seberapa kita mampu mengundang teman untuk berkunjung, juga seberapa populer blog kita di search engine seperti Google. Dari info yang terpantau, kita bisa mengetahui artikel mana yang sering dikunjungi, artikel mana yang selalu menjadi "pintu masuk" menuju blog kita, dan artikel mana yang cuma dibuka tapi langsung ditutup. Untuk itu mari kita sama- sama belajar mendalami masing-masing data yang ditampilkan oleh Google Analytics, sehingga kita dapat memaksimalkan kualitas blog sekaligus menjadikannya lebih populer di search engine. 
     Selamat belajar....

Artikel terkait : Memantau Popularitas Blog


3 comments:

admin said...

Mantap ni infonya. . Tetap semangat ya. . Oya postnya blm ada readmorenya ya?
Di bloger br ada cr,yaitu di post editor yg br klick insert jump break . .Atau pasang kode manual

lebah said...

Google analytics memang top banget, aku juga pasang untuk blogku. Memang lengkap sekali.
Salam kenal ya....

wecanwikan said...

@Mansuka: matur suksema. Mare melajah ne Man...ttg readmore, pernah coba, tapi tampilannya jadi aneh..tar saya coba pake yang kode manual..mudah2an bisa...

@Arif: Bethul bethul bethul...aku masih belajar nih biar bisa maksimal menterjemahkan arti dari data2 tsb....salam kenal juga buat Arif