Sunday, January 10, 2010

Bikin Photo Locations pada Picasaweb

     Pada postingan blog kali ini aku lanjutin cerita tentang settingan foto yang ada di Picasaweb. Dari artikel blog terdahulu, sedikit yang aku singgung adalah perihal manipulasi gambar maupun video pada software Picasa. Sedangkan untuk menambahkan lokasi pengambilan gambar bisa juga dilakukan pada Picasaweb (dengan asumsi sudah punya account di situs ini). Dengan menambahkan lokasi, sangat bermanfaat bagi para user atau para pengunjung untuk mengetahui tempat-tempat yang layak dikunjungi khususnya bagi penggemar travelling. Kalau memang foto yang kita ambil mengandung unsur pariwisatanya, misalnya sebuah tempat wisata, tentu baik kalau kita berbagi ke semua orang.
     Sebelumnya, lakukan sign in ke account Picasaweb, dengan memasukkan email dan password. Kemudian, setelah tampil album fotonya, pilih salah satu album (bila dalam satu album memuat foto-foto dari lokasi yang sama), atau pilih satu persatu foto, bila masing-masing beda lokasi.
Bila memilih satu album: klik create album map  lalu pada jendela peta isikan nama lokasi (misalnya Kuta, Bali, Indonesia) pada kotak enter a location lalu klik Go. tunggu sampai muncul peta lokasi dimaksud, perbesar tampilan sampai jelas, pilih salah satu foto di sebelah kiri sebagai icon/logo, lalu klik di lokasi yang diinginkan. Terakhir tekan done.

  • Bila memilih foto satu persatu: klik foto yang diinginkan, klik add location lalu isi nama lokasi pada kotak find location, klik go. sama seperti prosedur di atas, tinggal klik dan geser balon warna merah, letakkan pada lokasi yang diinginkan, terakhir klik done.
     Nah, tampilan foto di album Picasaweb sudah ditambahkan lokasi pengambilan gambarnya, jadi bagi para pengunjung bakalan tahu dimana gambar diambil, atau kalau pengin sharing sama teman tinggal bagikan alamat Picasaweb nya, dan rekomendasikan membuka album yang ingin kita share, tentu teman kita bakalan senang melihatnya.mansukamansukamansukamansukamansukamansuka

Untuk bikin account Picasaweb dan download software Picasa nya, silahkan baca artikel di bawah ini :
Picasa dan Picasaweb

5 comments:

Gharnya said...

keep onward, Yan!!
artikelnya bakal saya baca-baca. dan usul agar sering-sering posting "surprised articles", artikel2 yang ilmunya tak terduga (brilian, baru, dan belum banyak yang psoting)

wecanwikan said...

hei-hei, pake kritikan dong, biar tambah jengah nih belajarnya. kau cuma posting yang aku alami, yang merasa bermanfaat ya sukur, bagi yang udah jago, ya kasi masukan dong. thanks anyway

Gharnya said...

yan cari tahu gimana caranya bikin beberapa kategori album foto, trus menampilkannya secara terstruktur di blog.

wecanwikan said...

Beh, asli bikin penasaran...sejauh ini belum ketemu ada gadget foto archieves (layaknya blog archieves) yang Ot maksud. Sudah aku telusuri sampe dua ratusan item yang disediakan Blogger (dari 1800-an). Mungkin bisa dengan trik membuat link ke situs foto online spt flickr atau picasaweb. Jadi kita bikin dulu album sesuai kategori masing2, lalu tiap foto ditambahi caption/keterangan yang sesuai, trus di embed di sidebar satu persatu dari masing masing album. Ini baru asumsiku, sebatas teori. Nanti aku coba dulu pake album picasaweb ku.

wecanwikan said...

lamun cocok, contohne di bagian bawah blog ada slide foto. anggap itu satu album dengan kategori tertentu. trus, kategori lain, di embed lagi di bawahne. Rage pake picasaweb, trus elbumnya di embed. masing2 foto sebaiknya ditambah caption dulu untuk menerangkan fotonya.
Cara lain, sementara belum ketemu untuk bikin photo archieve....jadi kalau mau pake cara ini, monggo