Saturday, January 23, 2010

Google Analytics : Pelajaran Kedua

     Belajar Google Analytics butuh kesabaran mengingat sedemikian lengkap dan detail data yang disajikan.
Kali ini kita sama-sama lebih mendalami masing-masing data yang diberikan oleh Google Analytics. Masing-masing kelompok data akan memberikan perspektif masing-masing sesuai dengan sisi mana dari blog yang akan kita tonjolkan. Apakah dari segi pengunjung langsung (dirrect traffic) atau yang datang dari  search engine  macam google, yahoo, opera, atau juga berdasarkan  referral (referensi) dari facebook, blog lain atau situs lain yang mencantumkan alamat blog kita.
     Kita mulai dari halaman dashboard, yang menampilkan masing-masing kelompok pendataan secara overview (rangkuman) seperti data visitor, data lokasi pengunjung, data traffic dan data  content (artikel). Lalu lihat sebelah kiri halaman grafik tersebut, terdapat beberapa pilihan seperti :
  • Intelligent
  • Visitors
  • Traffic sources
  • Content
  • Goals


   
Masing-masing kelompok data tersebut masih dirinci lagi dalam sub-sub bagian yang satu persatu akan sama-sama kita pelajari maksud dan fungsi dari data yang akan ditampilkan. Sebelumnya lakukanlah penyesuaian tanggal yang menjadi kurun waktu (date range) pendataan sesuai keinginan kita, dengan meng-klik tanggal yang ada di bagian atas sebelah kanan.. Klik tanda panah, akan muncul kotak berisikan kalender dan dua kotak berisi tanggal mulai dan tanggal berakhirnya pemantauan. Lalu klik salah satu tangggal di kalender (atau dengan menuliskannya langsung di kotak pertama dan kedua) untuk tanggal awal dan tanggal akhir. lalu klik apply.


Intelligent

     Halaman ini menyajikan data hasil pemantauan baik secara otomatis maupun manual kondisi yang kita anggap penting untuk dilaporkan. Jadi semacam pemberitahuan atau alarm, misalnya pada suatu saat tertentu kunjungan menurun 50 %, atau, sebaliknya terjadi lonjakan pengunjung di atas 10 atau 100 orang perhari. Jadi Pada halaman ini selain terdapat settingan alert (peringatan) secara otomatis, bisa juga bikin sendiri sesuai keinginan pada saat bagaimana alert terjadi, dan selanjutnya apabila parameter yang ditentukan terlampaui maka kita akan mendapatkan kiriman via email perihal tersebut. Jadi silahkan klik create a custom alert. Tentukan parameter/batasan yang diinginkan lalu save.


Visitors

     Halaman ini secara overview/keseluruhan menyajikan data pengunjung yang datang dan bagaimana mereka berinteraksi dengan situs/blog kita (selanjutnya aku tulis blog saja), seberapa dalam mereka membuka-buka content/artikel, dan seberapa lama mereka berada di blog kita. Untuk lebih terperinci ke masing-masing data yang ditampilkan, silakan coba-coba klik link-link dengan tulisan berwarna biru yang terdapat pada tiap-tiap data yang tersaji, atau klik sub-sub info yang ada di sebelah kiri.
Pada kelompok data Visitors ini terdapat sub-sub data yang perlu digarisbawahi seperti berikut ini:
  1. Data pageviews:  menampilkan data jumlah halaman yang dikunjungi dan merupakan data mendasar mengenai traffic yang terjadi.
  2. Data benchmarking: menampilkan bagaimana statistik blog kita dibandingkan dengan situs sejenis secara rata-rata. Sebaiknya tentukan dulu situs pembanding dengan kategori yang serupa (otomotif, internet, animal, society, blog and social community,dsb) dengan memilih kategori yang tersedia. Klik open category list  pada bagian atas persis di bawah judul halaman Benchmarking. Dengan mengetahui data yang ditampilkan kita bisa tahu bagaimana posisi blog kita di bandingkan dengan rata-rata situs sejenis, baik itu perihal jumlah pengunjungnya, new visitornya, pageviewnya, dsb.
  3. Visitor trending>Bounce rate: (pentalan) maksudnya berapa persen terjadi pentalan, yaitu kunjungan yang masuk dari satu halaman konten dan langsung keluar, tanpa membuka-buka halaman/artikel lain. Semakin tinggi rate nya berarti artikel tersebut kurang diminati, atau kurang memberikan kesan pertama yang bagus. Bila ada halaman yang memiliki nilai yang tinggi  bounce rate nya, perlu diperbaiki dengan membuat tampilan, isi yang lebih memikat dan mampu mengarahkan pengunjung untuk mengunjungi halaman yang lain, dengan membuat link-link seperti: artikel menarik lainnya, atau artikel terkait, untuk mengarahkan ke halamann atau artikel lain yang terkait atau dianggap menarik untuk dikunjungi.
  4. Browser capabilities : menunjukkan data browser yang digunakan oleh visitor untuk mengunjungi blog kita, seperti Mozilla Firefox, Opera Mini, BlackBerry9000, Internet Explorer, Chrome, Safari. Dari data ini mungkin kita bisa tahu segmen pengunjung kita, sehingga kita dapat memikirkan konten yang kira-kira diminati.
  5. Network properties>service providers : menyajikan data provider yang digunakan pengunjung, seperti PT Telkom, Indosat, Telkomsel, research in motion (Blackberry), dsb. Data ini juga berguna untuk mengurangi data bias (kesalahan) karena kunjungan yang kita lakukan sendiri pada saat melakukan edit post atau ganti element dsb, juga ikut terdata. Misalnya kita menggunakan provider Telkom. Bila muncul nama Telkom pada halaman ini, berarti data dimaksud sudah termasuk kunjungan yang kita lakukan sendiri, coba di cek tanggalnya, dan kitapun mesti mencatat kapan kita membuka sendiri blog kita.
Traffic sources   




     Menyajikan data tentang berbagai sumber yang mengarahkan pengunjung masuk ke blog kita, seperti :
 direct traffic,  artinya pengunjung yang masuk secara langsung dengan mengetik alamat blog kita (asumsinya, pengunjung ini adalah orang-orang yang kita kenal atau memang kita undang/invite untuk berkunjung. Kunjungan jenis ini tidak bisa menjadi patokan popularitas blog), referring sites  adalah kunjungan yang dilakukan melalui situs lain misalnya masuk melalui facebook, twitter, situs/blog lain. search engine artinya pengunjung masuk melalui hasil penelusuran di search engine ( asumsinya: pengunjung jenis ini sedang mencari sesuatu lalu mengetikkan keywords dan kemudian menemukan alamat blog kita yang menurutnya isinya sesuai dengan yang dicari. Bila persentase data ini cukup tinggi, bisa dianggap kalau blog kita gampang ditemukan dan bisa tampil di halaman depan search engine. Tampil di Top Ten search engine seperti Google, adalah tantangan para web designer. Semakin mudah dan cepat alamat blog ditemukan, semakin besar peluang dikunjungi). Pada halaman ini juga ditampilkan data  keywords yang digunakan pengunjung masuk. Dengan mengetahui data ini, kita bisa melakukan optimalisasi dengan mengatur deskripsi perihal blog kita agar bisa muncul di search engine dengan keywords yang umum digunakan.

Content


     Menyajikan data-data mengenai kunjungan ke masing-masing konten atau artikel, dengan sub-sub seperti  top content, content by tittle, content drilldown, top landing pages, top exit pages,site overlay.  masing-masing menunjukkan data top artikel, berapa kali kunjungan per halaman (pageviews), berapa persen bounce (mental) dari tiap halaman, sehingga apabila ratenya tinggi, perlu dipikirkan untuk mendesain ulang halaman tersebut supaya pengunjung betah dan tidak langsung keluar begitu saja. Pada halaman ini juga ditampilkan pola kunjungan, misalnya masuk dari artikel abc lalu masuk ke arrikel def dan keluar dari halaman xyz, dst. Ada pula data keywords entrance  yang menerangkan keyword yang digunakan untuk masuk dan berapa persentase pentalannya (bounce rate).

Goals 

     Merupakan data pencapaian yang dijadikan target sebelumnya, misalnya jumlah download,subscribe,register, dsb yang kemudian ditandai dengan kata atau frase seperti : download berhasil, anda sudah terdaftar, submission succeed, dsb.
     Dari uraian di atas, setelah kita sedikit memperoleh gambaran tentang arti dari masing-masing data yang tersaji dan mengetahui manfaatnya bagi peningkatan kualitas blog, tentunya tidaklah berlebihan bila kita menyatakan bahwa analisa dari Google Analytics sangatlah lengkap, apalagi kalau kita mau tekun mendalaminya satu persatu sambil menerapkannya dalam mendesain blog. Tentu harapannya dapat meningkatkan traffic kunjungan dan membuat blog semakin populer.
Mari belajar lagi dengan mencoba satu persatu hasil analisa yang diberikan oleh Google Analytics.
Semoga sukses dan bermanfaat.

2 comments:

Andy said...

hmmm detail juga penjelasannya sob, emang klo kita mau blog kita maju ya harus mempelajari berbagai macam data diblog kita dari waktu ke waktu melalui online tool yang ada. Seperti yang sobat tulis diatas misalnya dengan menggunakan google analytic, ini memang tool yang dianjurkan oleh google bagi para webmaster dan juga blogger jika ingin memaksimalkan blog/webnya disearch engine, selain itu kita juga bisa pakai tracker untuk mengetahui perilaku dan jumlah pengunjung perhari dan lain2. Jadi dengan mempelajari statistik ini kita pasti mengetahui mana yang kurang baik dan mana yang sudah baik. keep it up sob, thank buat infonya ya

wecanwikan said...

Sob Andy: Introspeksi dan evaluasi memang sangat penting untuk meningkatkan kualitas konten maupun rating di search engine. Thx atas kunjungannya