Friday, February 19, 2010

Bikin Blog Biar Menarik (1)

      Bikin blog biar menarik memilikim tujuan menarik kunjungan dan meningkatkan traffic. Blog yang menarik  tentunya akan diminati user. Bikin blog jadi menarik untuk dikunjungi banyak caranya. Dari memilih tema atau topik yang paling diminati, atau berdasarkan hal-hal yang disukai, lalu mendesain tampilan yang menarik dengan menambahkan elemen di sidebar maupun pada footer, dan yang terpenting tentunya penampilan keseluruhan dengan mengganti template.
     Masalah tampilan blog, cukup pilih dari template milik blogger yang langsung tersedia pada saat akan memulai bikin posting. Tinggal choose templates, pilih sesuai selera. Jadilah kerangka halaman yang bakalan tampil. Terus pada settingan lay out, klik page element. Nah, bakal muncul denah tampilan blog kita. Ada Navbar paling atas, trus lokasi judul blog, lokasi isi blog (posting) sidebar alias lokasi konten samping yang bisa diisi berbagai pernak-pernik seperti jam, slide foto, tampilan embed video, lokasi iklan, dsb. Semuanya bisa di edit pada link add a gadget/tambah elemen halaman. Begitu muncul window/jendela baru, silakan deh pilih widget/konten apa yang bakalan di tambahkan.
    Kalau pengen coba template atau tampilan yang lebih bagus dan banyak dipakai bloger sedunia, coba aja kunjungi situs-situs eblogtemplates,indosmart.blogspot.com,magznetwork.com atau jackbook.com. Banyak koleksi apik tersedia. Cara mengganti tampilan/template tinggal download aja, contoh di situs eblog templates, klik tab blogger (artinya templates yg khusus untuk blogger). pilih salah satu templates dengan klik langsung contohnya WP polaroid. Berikutnya klik download, akan muncul jendela kecil safe file. pilih safe. tunggu sebentar proses download. Maka file terpilih akan disimpan di My documents;download.
     Selanjutnya masuk ke blog kita, masuk dashboard dan klik layout. Klik Edit HTML. Muncul jendela dengan box besar berisi rumusan yang njelimet. bagi kita yang ndak ngerti bahasa  kode HTML, cara paling aman adalah menyimpan kode itu, seandainya usaha penggantian gagal, kita masih bisa kembali ke tampilan semula. Jadi sebelum mengganti tampilan baru, sebaiknya kode itu kita simpan dulu, caranya klik download full template, untuk mengamankan file lama. Kode HTML ini akan disimpan di my document:download.
 


Apabila ingin menggunakan kembali tampilan lama, tinggal browse ke my document:download, cari kode HTMLnya trus di upload. Nah sekarang file lama sudah aman, kita langsung aja browse file template yang baru kita download dari eblogtemplates. (File ini formatnya masih winrar, jadi sebelumnya kita buka dulu lokasinya. Klik start, my document, download. Cari nama file template yang kita pilih di eblogtemplates,WP polaroid. Karena masih format winrar, klik kanan, klik extract here).
     Kembali lagi ke halaman edit HTML, klik browse, arahkan kursor ke lokasi file,WP Polaroid, klik dua kali (open file). Setelah lokasi file muncul di kotak browse, tinggal klik upload. Tunggu sebentar, akan ada informasi menghapus kode kode widget (ditandai huruf warna merah). Klik aja safe and confirm. Apabila semua kode bisa diterima, maka akan muncul di sebelah atas box: Your changes have been saved.view blog.
mansukamansukamansukamansukamansukamansukamansukamansukamansukamansukamansukamansukamansukamansuka

0 comments: