Friday, December 18, 2009

Memantau Popularitas Blog

     Popularitas blog bisa dicapai karena berbagai hal: isi/konten yang menarik, desain yang bagus, promosi yang hebat, dan tentunya dari berbagai ujicoba dan pengalaman memaksimalkan kualitas blog secara keseluruhan. Lalu, bagaimana cara mengetahui hasil evaluasi dan perbaikan tersebut? Postingan kali ini mengenai tool dari Google yang bisa membantu memantau data-data mengenai traffic dan berbagai hal mengenai blog yang kuperoleh saat browsing template di situs eblog templates.com.
     Waktu itu aku buka situs eblog templates untuk cari templates gratis. Pemilik situs, David Cowgill, rupanya bermurah hati memberikan tips-tips tentang cara membuat website yang baik, lalu aku subscribe(berlangganan) aja dari tombol yang tersedia  via email ku. Lumayan kan, udah dapet template gratis, dapet ilmu gratis lagi, dan inilah yang ingin aku ceritakan dalam postingan kali ini. Bagi pemula seperti aku, hal ini sangat berharga karena memperoleh ilmu  langsung dari pakarnya.
Email pertama yang kuterima adalah, bagaimana memonitor atau memantau popularitas blog  yang telah kita bikin, David memberi judul: Tips #1: How Popular is Your Blog?. mansuka
     Dalam penjelasannya, kita dapat memantau perkembangan blog kita dari sebuah situs yang namanya Google Analytics. Dia menyarankan untuk membuat account Google Analytics(klik disini), dan mendaftarkan situs/blog milik kita di situ. Lalu aku ikuti sarannya, masuk ke Google analytics, bikin account dengan account google (bila belum punya, tinggal ikuti petunjuk pembuatan account di bawahnya), dan password. Lakukan sesuai petunjuk, sampai account kita diterima. Seperti memasukkan alamat email (googlemail), nama situs/blog yang ingin di pantau (bisa lebih dari satu), lalu lakukan cek status. Pada halaman Overview, terdapat tabel dengan nama blog/website kita, dan pada kolom status muncul tanda seru (!) Artinya, situs kita belum terkoneksi dengan google analytic. Lihat kolom paling kanan ada tulisan check status, klik.Selanjutnya, akan muncul langkah sinkronisasi, yaitu dengan mong copy kode HTML yang disediakan, lalu kita sisipkan pada kode HTML dari blog milik kita, dengan cara sebagai berikut: buka dashboard blogger, masuk ke layout, lalu klik edit HTML. Pada kotak berisi kode HTML, cari kode '< /body >' yg letaknya pada baris paling bawah, lalu persis sebelum kode tersebut (di atasnya )paste kode yang tadi kita copy, kemudian tekan safe template . Lalu kembali ke halaman sinkronisasi (tempat kita memperoleh kode sinkronisasi), klik tombol save  yang terletak di bagian bawah kiri.
     Nah, proses sudah selesai, kita cek status sekali lagi, maka akan muncul : waiting for data transmission, itu artinya bahwa prosedur sinkronisasi sudah sukses, tinggal tunggu 24 jam untuk melihat hasilnya.
Dua hari berikutnya, aku coba buka Google analytic, dan cek data yang berhasil di tracking, dan semuanya berjalan lancar. Google analytic menampilkan banyak informasi, seperti traffic yang terjadi selama kurun waktu yang kita tentukan, apakah mingguan, harian atau bulanan, lalu berapa visitor, berapa waktu rata-rata kunjungan, dari mana pengunjung berasal, via hosting mana pengunjung masuk, dsb. Benar-benar lengkap. Dari analisa inilah kita bisa tahu How Popular My Blog is.
    Jadi tetaplah berusaha dan belajar......!!!!

 Artikel Terkait Meningkatkan Popularitas Blog :
mansukamansukamansukamansukamansuka

0 comments: