Wednesday, January 13, 2010

Menambahkan Gadget JAM Pada Blog

     Kalau lagi bingung pengin nulis artikel blog,  ya browsing situs-situs yang menarik. Kali-kali aja dapet inspirasi buat menambah tampilan blogku, karena pada prinsipnya, belajar bikin blog itu harus rajin-rajin buka situs yang terkait. Berhubung ndak dapet ide mau nulis apa, ada baiknya cari-cari widget  buat dipasang di blog.
     Dari buku blogspot yang aku baca, ada tampilan widget  penunjuk waktu alias JAM. Pengen juga nih nambahin elemen di sidebar. Alamatnya, langsung aja klik ClockLink . Setelah itu, pilih salah satu jenis jam yang diminati: analog, digital, animation, dsb. Lalu pada halaman berikutnya muncul tampilan berragam jam dengan tulisan view HTML tag di bawahnya. Klik tombol tersebut untuk memperoleh kode HTML yang nantinya kita perlukan pada saat mengimportnya ke page element blog. Kemudian kita dihadapkan pada jendela baru dengan tulisan yang isinya sebuah kalimat perjanjian dengan situs clocklink. Tak perlu berlama-lama membacanya, cukup tekan saja  I Accept  dan kita akan diberikan kode yang dimaksud, lalu tinggal copy kode yang diberikan.
     Beralih ke halaman dashboard blogger, klik layout, lalu klik add a gadget, akan muncul kotak berisikan bermacam gadget. Cari dan pilih HTML/Java Script, lalu klik tanda (+), lalu setelah terbuka jendela baru dengan kotak kosong bertuliskan content, maka langsung saja kita paste kode yang telah di copy, lalu tekan save. Sebelum bisa menikmati tampilan jam yang diinginkan, jangan lupa tekan sekali lagi tombol save,  baru kemudian klik view blog.
     Nah, jam penunjuk waktu sudah terpampang di sidebar. Kalau bosan dengan tampilannya, lain waktu diganti lagi dengan bentuk yang lain. Masih banyak pilihan yang disediakan oleh Clock Link. Selamat bereksperimen

mansukamansukamansukamansukamansukamansukamansukamansukamansukamansuka

0 comments: