Tuesday, December 15, 2009

Picasa dan Picasa Web

     Awal aku dapet  software aplikasi Picasa (software untuk mengolah gambar, baik foto maupun video) dan PicasaWeb (situs foto milik Google, yang menyediakan ruang sebesar 1 GB untuk kita punya album foto online), ketika pengen nambah slideshow di sidebar Blogku. Pada saat add a gadget, aku pilih slide show, maunya sih menampilkan foto-foto yang ada hubungannya dengan isi blogku yang membahas tentang Bali. Lalu pada jendela pilihannya muncul pilihan: dari situs Flickr atau Picasaweb. Setahuku, Flickr merupakan afiliasi Yahoo, sedangkan Picasaweb affiliasi google. Berhubung aku punya account google, aku pilih aja Picasa web. Lalu masukkan keyword : Bali, culture,ritual. dan Safe. Selanjutnya sudah tampil di blogku kumpulan foto yang menampilkan Bali.
     Dari situlah muncul keinginan bikin album web foto di picasaweb, biar bisa ditampilin langsung ke blog dan bisa diisi foto hasil jepretan sendiri..Aku coba telusuri di google dengan mengetikkan keyword picasa. Lalu aku pilih picasa free download. Selanjutnya tinggal ngikutin petunjuknya, yaitu download picasa, lalu otomatis bakalan terinstal di komputer dan langsung scanning semua gambar yang ada di hard disk komputer. Kalaupun ingin nambah lagi, ada tombol import yang akan mengarahkan kita pada drive mana yang akan kita masukkan ke picasa. Saat itu aku dapetnya Picasa 3.5, yang sudah bisa nambahin Tag nama dan beberapa setting foto yang lumayan lengkap, seperti pengaturan ukuran gambar (aku pilih yang 640 x 480, supaya cepet terkirim, dan merupakan standar pengiriman via email), penambahan watermark (signature atau tanda tulisan di pojok kanan bawah foto sebagai identitas foto milik kita, bisa ditulis apa saja sesuai keinginan kita, misalnya, By wayan wiguna), dan beberapa edit foto yang lain. Disamping itu, edit bisa dilakukan setelah foto masuk ke album web kita. Yang perlu dicatat, kita mesti punya album terlebih dahulu di Picasaweb, dengan cara masuk ke situs Picasaweb.google.com, daftar dengan email google account kita. Kalau belum punya google account, tinggal klik aja di bawah untuk bikin google account.
     Album web kita bisa disetting untuk ditampilkan secara publik, artinya semua orang bisa melihat, atau dibatasi pada orang tertentu saja. Lalu bisa ditambahkan caption atau keterangan foto, ditambahkan tag, atau kata kunci untuk menemukan foto tersebut dari search engine picasa, juga ditambahkan lokasi pengambilan foto melalui googlemap/google earth. Ya, namanya aplikasi baru, sering sering aja dicoba-coba beberapa fiturnya.
     Kembali ke Picasa (bedakan dengan Picasaweb yang merupakan tampilan foto kita di situs picasa) yang sudah terinstal di komputer, banyak editing yang bisa kita lakukan, seperti juga yang terdapat pada aplikasi aplikasi manipulasi gambar yang lain (photosop), misalnya kontras, warna, red eye reduction, dan yang menarik adalah Picasa mampu 'menangkap' wajah-wajah yang ada di foto. Semua wajah diclose up, dan bila kita menambahkan nama pada satu wajah, misalnya wajahku aku isi nama wiguna, otomatis picasa akan mengumpulkan wajah2 yang dianggap sama (kadang lucu juga, bisa salah ambil wajah, karena dianggap mirip). Jadi kita mesti memeriksa kembali pada foto yang ada tanda tanya, apakah benar wajah tersebut sesuai dengan nama yang kita berikan. Hal menarik lainnya, video bisa diupload langsung ke account youtube kita (kita mesti punya account Youtube terlebih dahulu).
    Foto-foto yang sudah diupload ke picasa web akan dengan mudah kita copy-paste ke blog kita, tinggal arahkan kursor pada foto dimaksud, klik kanan, pilih copy link location. Tinggal masuk ke editing blog kita, posisikan foto akan dipasang, lalu klik paste (Ctrl+V). Cara lain adalah kumpulan album foto bisa langsung di embed dari Picasaweb. Fiturnya ada disebelah kanan. Embed foto akan muncul seperti slide show, yang muncul di luar postingan atau isi blog (disamping/sidebar atau dibawah/footer).
Sambil belajar , sambil aku sharing pengalaman sejauh mana aku sudah mengeksplore aplikasi yang ada di Picasa maupun di Picasaweb.(silahkan lihat di sini). Kalau ada yang baru lagi, pasti aku post lagi. Thx udah mau berkunjung. mansuka

  • Download software Picasa disini 
  • Bikin account Picasaweb disini

0 comments: