Tuesday, December 15, 2009

Tombol Facebook di Picasa

     Pada waktu aku mengenal picasa,seperti yang aku tulis dalam postingan terdahulu mengenai picasa, mungkin karena belum begitu mengerti, buka sana-buka sini, semua informasi tersaji begitu cepat dan belum sempat terekam di otakku. Dalam kilas balik setelah beberapa kali aku menggunakan Picasa, aku jadi penasaran, gimana caranya upload foto dari picasa langsung ke Facebook?
     Sebelum aku mulai kisahku ini (aku selalu menulis sharing, cerita, kisah, daripada aku seolah menggurui), kita samakan dulu pengertian kita: Picasa adalah software aplikasi pengolah gambar baik gambar diam (foto) maupun bergerak (video), yang tertanam (install) di komputer. Sedangkan Picasaweb adalah situs dari google yang menggunakan aplikasi Picasa untuk mengorganisir foto sebelum diunggah(upload) ke situs. Picasaweb adalah album foto online yang bisa di share ke semua orang, seperti halnya sebuah situs web ataupun blog.
     Mungkin beberapa bulan telah berlalu, aku menggunakan Picasa versi 3.5 untuk melakukan berbagai manipulasi gambar dan video untuk diupload ke Picasaweb maupun ke Youtube. Foto-foto yang aku upload ke albumku (silahkan lihat disini) aku tambahkan watermark (tanda di pojok kanan bawah foto,sebagai ciri foto milik kita ) dengan melakukan sedikit settingan pada saat awal kita sync to web (sinkronisasi antara Picasa dengan Picasaweb). Di pilihan change setting, akan muncul beberapa opsi seperti mengatur ukuran gambar dengan format  640 pixel, actual size, dst. (ukuran 640 pixel adalah ukuran standar pengiriman gambar via email). Ada penambahan watermark (misalnya: foto oleh wy wiguna, dan akan muncul di pojok kanan bawah foto), dan lain sebagainya. Sebelum diupload, foto bisa ditambahkan caption atau keterangan gambar dan tag (keywoard) untuk menandai kategori foto supaya mudah ditemukan pada search engine nya Picasaweb. Dan selama proses pembelajaran dan pencarian ini, aku belum juga menemukan cara untuk upload ke Facebook. Bikin penasaran saja, karena belum berhasil mengingat di mana tepatnya aku sekilas pernah menemukan caranya.mansuka
     Hari ini, aku iseng menelusuri google, aku ketik picasa facebook. Nah....ketemu, langsung aja aku buka situsnya, dan menginstall Facebook button ke Picasa. Semuanya berlangsung mulus, begitu klik install now, langsung terhubung Picasa ku, tinggal klik tombol Add, dan tombol FB pun sudah perpasang di bagian bawah Picasa. Langsung kucoba upload satu foto. Pilih salah satu dari sekian tampilan foto, lalu klik tombol FB, langsung konfirmasi untuk login FB, masukkan username dan password FB ku, lalu sudah masuk jendela FB tinggal klik Allow. Sebelumnya, ukuran gambar aku setting di 640 x 480, biar cepet transfernya, toh ukuran segitu sudah cukup besar untuk ditampilin di halaman FB.
Waaah, kini aku bisa setting fotonya dulu sebelum diupload ke FB.

Artikel terkait
mansukamansukamansukamansukamansukamansukamansukamansukamansukamansukamansukamansukamansukamansuka

0 comments: