Monday, February 8, 2010

Trifecta Google : Tiga Tools Dari Google

     Meningkatkan kualitas blog merupakan langkah yang harus diambil untuk membuat popularitas blog kita meningkat. Selain prioritas pada isi artikel/postingan (content), beberapa hal lain yang perlu dibenahi adalah mengenai desain blog, pemilihan topik atau tema blog, keywords, internal link, juga pengaturan jumlah gadget maupun gambar.
     Untuk memperoleh gambaran yang akurat tentang  performa blog kita, tentunya membutuhkan perangkat (tool) yang mampu memberikan data-data yang sesuai dengan apa yang kita butuhkan, yang akurat dan membantu kita mengambil langkah yang tepat untuk mencapai target yang diharapkan. Misalnya, content  manakah dari blog kita yang paling banyak dikunjungi, yang mana yang paling sering dicuekin (bounce rate nya tinggi), yang mana yang jadi "pintu masuk" dan "pintu keluar" (landing page dan  exit page), dsb. Atau, keywords yang dipakai pengunjung sehingga menemukan blog kita, apakah dengan keyword  tersebut pengunjung menemukan apa yang dicarinya (tampak pada lamanya berada dalam halaman tersebut) atau justru pengunjung langsung "cabut". Dari data-data inilah nantinya kita bisa menentukan langkah-langkah pembenahan selanjutnya, sehingga dapat mencapai hasil yang lebih optimal, baik dari segi isi blog maupun dari segi traffic.
     Dalam postingan kali ini aku ingin mengulas sedikit tentang perangkat (tools) yang bisa memberikan bantuan dalam rangka membenahi, mengevaluasi dan meningkatkan kualitas blog kita, dengan tersedianya data-data yang lengkap tentang berbagai hal menyangkut optimalisasi websites (di sini aku batasi pengertiannya pada blog). Perangkat tersebut disediakan oleh Google secara gratis, dikenal dengan Trifecta Google, si tiga serangkai dari Google (silakan klik untuk mengaksesnya)
  • Google Analytics, seperti yang sudah aku tulis pada postingan terdahulu (lihat artikel terkait), bahwa Google Analytics ini menyediakan data yang akurat dan lengkap mulai dari data pengunjung, trafik kunjungan, konten,  yang masing-masing dirinci lagi dalam beberapa sub yang lebih detail. Intinya adalah agar kita mampu melakukan evaluasi terhadap kelemahan yang terjadi pada bagian-bagian blog kita, lalu membenahi sehingga menjadi lebih berkualitas isinya, lebih sesuai dengan kata kuncinya, dan lebih baik desainnya.
  • Google Webmaster Tools, memberikan kita beberapa data penting terkait dengan performa blog kita di search engine,   seperti data Top Search Queries yang menampilkan peringkat teratas kata atau frase yang digunakan oleh pengunjung, kemudian juga ditampilkan saran (significance keywords) penggunaan kata kunci yang tepat/sesuai dengan isi dari blog kita, dan  berbagai data yang penting dalam rangka pembenahan traffic di search engine.
  • Google Website Optimizer, menampilkan percobaan/eksperimen terhadap berbagai variasi yang bisa di coba langsung pada pengunjung sebenarnya. Dari eksperimen ini diharapkan kita mampu menemukan kombinasi dan variasi yang tepat untuk mencapai target yang ingin kita capai.
     Dari uraian singkat tersebut tidaklah berlebihan kiranya kita menyebut  Trifecta Google ini sebagai perangkat andalan bagi para blogger untuk meningkatkan kualitas blog, tentunya dengan fokus utama pada konten atau isi dari blog yang ingin kita buat, barulah kemudian melakukan beberapa pembenahan sesuai hasil evaluasi terhadap data yang ditampilkan dalam Analytics, lalu menyesuaikan settingan SEO sesuai data dari Webmaster Tools, terakhir barulah melakukan eksperimen, membandingkan blog hasil evaluasi dengan berbagai variasi settingan pembenahan. 
     Secara pribadi, aku baru sedikit melakukan pembenahan berdasarkan data dari Analytics dan Web's Tools, sementara ini belum melakukan eksperimen, karena pembenahan dan evaluasi belum tuntas. Disamping itu juga, postingan ini bertujuan untuk berbagi sehingga kita bisa belajar bersama-sama dalam membenahi kualitas blog kita masing-masing, sambil berbagi tips dan trik dalam menerapkan ketiga perangkat yang disediakan oleh Google tersebut.
     Selamat mencoba dan jangan lupa berbagi, agar kita bisa sama-sama pintar !!!

Artikel Terkait
     

    0 comments: