Wednesday, September 15, 2010

AFFILIATE MARKETING: PENGANTAR

Cari duit di internet memang susah-susah gampang. Banyak situs maupun iklan yang menawarkan berbagai cara cari duit di internet secara mudah, instan, dan gampang. Namun kita dituntut jeli memilih situs mana yang menawarkan cara cari duit di internet yang benar-benar masuk akal.

Carilah sebanyak-banyaknya situs yang memberikan panduan atau tutorial lengkap, khususnya bagi pemula, sehingga kita tidak mudah terjebak ke arah penipuan, atau paling tidak terhindar dari mimpi-mimpi kosong cepat kaya dengan cari duit di internet.

Baiklah, tanpa bermaksud mengesampingkan situs atau tawaran lain, aku mulai mempelajari cara cari duit di internet dengan mengikutiprogram Affiliate Marketing. Salah satu situs yang aku ikuti panduannya adalah dari GM Susanto di rahasiasuksesclickbank.com (sekali lagi bukan bermaksud promosi, melainkan sejauh ini isi yang kuperoleh bisa diterima logika).

Dalam panduannya, dipaparkan bahwa bisnis ini bisa memudahkan kita menghasilkan dolar dengan cara mempromosikan produk-produk yang ada di clikcbank.com, yaitu salah satu affiliate network. Dari kegiatan mempromosikan produk inilah nantinya kita akan memperoleh komisi yang besarnya sampai di atas 60% (rata-rata 75%) dari harga produk. Lumayan besar, kan?



Ok, aku mulai dengan mendaftar sebagai member di rahasiasuksesclickbank.com. Sekalian saja ikut yang goldmember, bonusnya lebih banyak. Ini yang aku dapat: video panduan sekitar 50-an, bonus sampel template, bonus landing pages, bonus software e-book untuk bikin e-book dari Words jadi format PDF, lalu bonus puluhan produk MRR (master resell rights: produk e-book yang bisa kita jual kembali). Semua bonus dan panduan bisa didownload di member area, bonus-bonus tersebut bisa kita edit disesuaikan dengan nama kita atau link affiliate kita. Kalau tertarik silahkan klik rahasiasuksesclickbank.com.

Setelah semua di download, mulai kupelajari satu demi satu panduan videonya. Sebagai pengantar disampaikan bahwa affiliate marketing adalah bisnis promosi produk milik orang lain/vendor yang ada di affiliate network seperti clickbank.com, paydotcom.com, dsb. Dari kegiatan promosi ini, kita memperoleh sejumlah komisi (rata-rata 75% dari harga produk) bila terjadi penjualan.

Sebagai affiliate marketer, kita tidak perlu repot memikirkan bagaimana proses transaksi penjualan, karena tugas kita hanya mengarahkan pengunjung mengklik iklan, lalu selanjutnya pengunjung akan melakukan transaksi dengan pemilik produk.

Jadi, dengan kata lain, kita ini ibaratnya seorang calo (kata GM Susanto). Nah bagaimana cara menarik kunjungan dan bisa menghasilkan penjualan, di situs rahasiasuksesclickbank inilah GM Susanto memberikan tips dan triknya. Jadi tetap saja beliau tidak menjanjikan dolar datang hanya dengan duduk manis. Sebaliknya, seperti halnya bisnis konvensional lainnya, juga butuh modal, keahlian dan pengalaman serta kerja keras. Tentunya modal, usaha, dan keahlian tidak sebesar dan sesulit apabila kita menjalankan bisnis konvensional. Coba bayangkan, bila kita membuka suatu usaha, berapa besar modal yang kita butuhkan untuk sewa tempat, ongkos produksi, biaya promosi, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikan modal yang telah dikeluarkan?

Affiliate marketing merupakan usaha yang membutuhkan kerja keras yang sama, namun dengan tingkat kerugian yang minimal. Karena semua kegiatan ada di bawah kendali kita. Biaya iklan bisa kita atur sekehendak kita dengan biaya pasang perklik sesuai budget yang kita miliki. Tapi, sekali ada penjualan, minimal kita dapat ratusan ribu rupiah (belasan dollar) dengan biaya iklan perklik yang di bawah tiga ribuan.

Menarik? Tentusaja.
Apa yang aku lakukan sekarang adalah mempraktekkan apa yang telah diajarkan oleh GM. Jadi untuk tulisan selanjutnya berisikan langkah-langkah yang telah aku lakukan. Tentu hasilnya berbeda-beda untuk tiap orang. Karena yang namanya bisnis atau usaha apapun itu, kembali pada nasib mujur. Yang penting tetap berusaha, cari celah dan trik yang sesuai dengan kemampuan kita.

Buat yang berniat ikut mulai bisnis affiliate marketing, silahkan klik link ini rahasiasuksesclickbank.com.

Ingat untuk berbagi, karena pada postingan selanjutnya aku akan tunjukkan bagaimana iklanku bisa mendapat klik dengan harga iklan dibawah harga penawaran.

Sukses!!!

Artikel terkait


0 comments: