Saturday, September 25, 2010

AFFILIATE MARKETING : PELAJARAN KETIGA

Pelajaran Affiliate marketing kali ini memaparkan hasil praktek kampanye iklanku di Google AdWords sesuai dengan panduan GM Susanto, yaitu praktek test produk dan kata kunci. Tujuannya untuk mengetahui minat pengunjung terhadap iklan yang kupasang. Syukur-syukur kalau ada pembeli, lumayan kan dapat komisi buat sekedar nutupi biaya koneksi.
Pelajaran affiliate marketing tahap awal menyarankan melakukan test produk dengan mencoba mencari trend yang ada di Google Trend. Aku coba memasang tiga produk yaitu tentang Guitar lesson, writing jobs, dan iPad ebooks. (lihat artikel sebelumnya: Affiliate Marketing: Pelajaran Pertama).
Pelajaran affiliate marketing tahap awal ini aku jalankan dengan menggunakan beberapa tools yaitu: Google trends, keywordtoolexternal, adtargetingpreviewtools,traffic analyzer, kesemuanya dari google adwords dan gratis tis tis !!!.

Seperti yang aku tulis di artikel sebelumnya (lihat Affiliate Marketing : Pelajaran Pertama), bahwa produk guitar lesson yang aku targetkan di wilayah New Zealand, tak ada respon sama sekali (asumsi yang masuk akal adalah: pada saat iklanku ditayangkan, bersamaan dengan terjadinya gempa di wilayah tersebut)
Produk lainnya, writing jobs dan iPad ebooks lumayan ada respon, 3-4 klik perhari, kalau dirata-ratakan, perbulan mampu meraup 100-an klik. Jadi cukup memjanjikan untuk menjaring leads (konsumen yang tertarget) untuk diarahkan ke tahap selanjutnya, yaitu ke situs optin news. Berhubung aku baru mulai semingguan gitu, ya aku tunggu saja dulu perkembangannya, sambil memikirkan situs apa yang tepat aku pilih (karena nggak perlu repot lagi bikin situs. Cukup edit bonus situs yang didapat dari rahasiasuksesclickbank.com, lalu beli domain dan hosting, jadi deh.)
Berhubung budget yang kupunya minim, kuputuskan untuk menghentikan sementara kampanye iklanku, tinggal di pause aja. Kira-kira setelah seminggu di pause, lalu pada tanggal 15 September yang lalu, saat aku mencari-cari produk baru di clickbank.com, eh ternyata rekeningku di clicbank.com ada transaksinya: dua kali transaksi dengan total komisi yang kuperoleh $54.36……..Wow !!
Sempet deg-degan juga. Gimana tidak? Baru coba seminggu, dipause seminggu. Eh ada transaksi juga. Iklanku, writing job yang target marketnya di United Kingdom (inggris) laku dibeli ! Padahal baru terjadi klik nggak sampai 20 klik.
Thank God, Thank GM Susanto. Street smart strateginya benar-benar terbukti. Memang dari test keyword yang aku lakukan, iklanku yang ini mendapat posisi lima besar dengan tingkat persaingan minim dan peminat yang di atas 5000 perbulan di local search-nya.
Langsung saja kubuka lagi account adwords-ku, iklan writing jobs yang dulunya di pause, aku aktifkan lagi. Sekalian aku bikin kampanye baru lagi, yaitu produk pembuat aplikasi iPhone untuk dijual di AppStore. Dari hasil test keywords, aku pasang target pasar di India (banyak peminat disini mencari kata kunci :programmer jobs). Jadwal penayangan iklan aku tetapkan tanggal 23 September, pake hari baik gitu lah. Harga max bid (harga penawaran maksimum per klik) aku pasang Rp 2.000,- karena komisi yang aku peroleh per transaksi sekitar $21 (dirupiahkan sekitar 200 ribuan-lah) dengan asumsi 100 klik satu penjualan (asumsi minimal titik impas) maka diperolehlah angka max bid tsb di atas. Hitung-hitungan ini selengkapnya ada di panduan GM Susanto, rahasiasuksesclickbank.com.
Nah, kejutan pertama ini cukup meyakinkan aku, semoga kalian juga, bahwa affiliate marketing ini benar-benar bisa mendatangkan duit, tentunya dengan usaha, bukan duduk manis. Mimpi kalee. Namun tidak semahal dan sesulit bila menjalankan bisnis konvensional lainnya. Biaya ada di kendali kita. Kapanpun kita mau, kita bisa pasang iklan, bisa juga langsung dihapus.
Mudah-mudahan iklan selanjutnya bisa memberikan bukti lagi, soalnya aku pengen meningkat ke tahap kedua, yaitu bikin situs, biar hasilnya lebih fokus dan lebih menjanjikan. Tahap awal ini kan masih bersifat spekulasi, sekaligus test keywords untuk memperoleh gambaran rata-rata peminat terhadap sebuah kata kunci. Pembelipun hanya akan datang sekali saja. Kalau kita sudah punya pembeli potensial dengan mengantongi alamat emailnya, yang notabene mereka ini sangat fokus pada satu tema produk, kita tinggal menggelontorkan produk saja ke mereka dengan interval waktu yang tepat. Dipastikan hasil penjualan akan jauh lebih memadai.
OK, kita tunggu hasil selanjutnya, mudah-mudahan aku bisa masuk tahap berikut, dan pastinya bakalan aku share juga.
Mari belajar dan berbagi agar tidak gaptek lagi!!!!
Jangan lupa, kalau mau ikutan di bisnis ini, cek video gratisnya di kayadaribisnisinternet.com. Kalau mau meningkatkan hasil, dan mendapat ratusan bonus situs dan produk gratis, silahkan klik rahasiasuksesclickbank.com.

Artikel terkait:

0 comments: