Wednesday, September 22, 2010

AFFILIATE MARKETING : PELAJARAN KEDUA

Belajar affiliate marketing, yang terpenting adalah mind set yang kita tanamkan pada diri kita sendiri. Ini murni bisnis, seperti halnya bisnis yang lain. Bukan multilevel, bukan bisnis duduk manis.
Belajar affiliate marketing, seperti halnya bisnis yang lain, juga butuh modal dan usaha, namun relatif lebih sedikit dan lebif efektif dan efisien. Karena semua kegiatan yang dilakukan dalam bisnis konvensional (riset produk, survei pasar, target pemasaran, distribusi, dsb), bisa dilakukan hanya dari depan komputer yang terkoneksi dengan jaringan internet. Jadi, kalau diasumsikan sebagai komponen biaya, tentu biayanya jauh lebih kecil daripada bisnis konvensional.

Belajar affiliate marketing, pada artikel kali ini akan dibahas lebih jauh tentang tahapan yang disarankan oleh GM Susanto, pemilik situs rahasiasuksesclickbank.com, seperti yang aku terima berdasarkan video panduannya:
-         Tahap awal adalah test produk dan kata kunci, dengan memasang iklan di Google AdWords. Hasilnya, selain kita bisa memantau layak tidaknya produk yang kita pasarkan, berapa besar peminatnya dilihat dari jumlah klik, serta berapa rasio antara klik iklan dengan pembelian yang terjadi (CTR/CPR). Dan apabila terjadi penjualan, sudah pasti kita dapat komisi yang langsung masuk ke account clickbank kita. Sedangkan bila dalam 100 klik belum terjadi penjualan sama sekali, artinya kita belum mampu menarik minat pengunjung untuk membeli produk yang diiklankan. Tinggal disurvey lagi, kemudian apakah iklan dilanjutkan, atau diganti, atau sekalian dihapus saja.
-         Tahap kedua adalah menindaklanjuti hasil test tahap pertama. Iklan yang banyak klik (baik menghasilkan penjualan maupun tidak) perlu diarahkan ke sebuah situs, sebelum masuk ke situs milik si penjual produk (vendor). Tujuannya adalah, untuk menjaring pengunjung yang benar-benar fokus pada satu tema produk yang ditawarkan. Misalkan, peminat yang banyak menyukai produk kesehatan, maka kita perlu membuat situs tentang kesehatan, lalu kita arahkan mereka untuk memberikan alamat emailnya dengan bonus berupa ebook gratis, misalnya. Dengan begitu, kita akan memperoleh calon konsumen yang benar-benar tertarget dalam satu tema produk. Ke depannya, para calon konsumen ini tentunya sangat konsen terhadap produk-produk kesehatan. Selanjutnya, mereka inilah menjadi calon konsumen potensial, untuk ditawari produk-produk yang masih ada hubungannya dengan kesehatan. Jadi, pada tahap ini kita tidak perlu pasang iklan di Google Adwords lagi. Penawaran produk langsung dikirimkan lewat email responder.
-         Tahap ketiga adalah membuat situs-situs alternatif dengan model optin news, salesletter, atau model review. Ini merupakan pengembangan dari tahap kedua di atas. Tujuannya adalah menggiring para pengunjung yang masuk melalui klik iklan google adwords (tahap awal), lalu masuk ke situs kita untuk lebih di brainwashed baru kemudian dibawa ke situs penjualan produk.
-         Tahap keempat adalah, membuat produk yang layak jual, yang bisa kita kerjasamakan dengan situs clickbank (jadi kita bukan cuma sebagai affiliate marketer saja, tapi sudah ikut menjadi pemilik produk/vendor). Yang terjadi disini adalah kebalikan dari ketiga tahap di atas. Kita justru sebagai pemilik produk, yang kita tawarkan melalui jaringan clickbank.com atau jaringan lain, lalu yang mempromosikannya adalah para affiliate marketer. Kita tinggal menunggu hasil penjualannya saja. Masalah komisi diatur oleh clickbank.com.

Nah, tahapan-tahapan tersebut di atas selengkapnya dapat diperoleh jika kita menjadi member di rahasiasuksesclickbank.com, terdiri dari 30-an lebih video panduan, puluhan bonus seperti: sampel situs optin news, salesletter dan review produk yang siap pakai, tinggal di edit dengan nama dan link affiliate milik kita (jadi kita tidak perlu susah-susah lagi mikirin cara bikin situs). Lalu bonus lainnya berupa cara bikin ebook yang sangat gampang, plus software yang mampu mengubah tulisan kita di Words menjadi bentuk PDF. Lalu tamabahan bonus lagi berupa puluhan produk MRR (master resell rights= produk yang bisa dijual kembali secara legal) dengan macam-macam tema seperti panduan kesehatan, panduan aplikasi twitter,  baik dalam bentuk ebook maupun dalam bentuk video. Semuanya bisa kita manfaatkan terserah kita, mau dipakai bonus untuk menarik pengunjung, bisa dijual lagi secara langsung atau melalui clickbank.com.
Kalau pengin panduan gratisnya, bisa kunjungi situs kayadaribisnsinternet.com. Disitu dapat didownload beberapa video panduan berupa trik pemasangan iklan di google adwords sehingga mampu menghasilkan dolar pertamamu. Nah kalau sudah dicoba dan tertarik untuk belajar lebih jauh lagi dan mendapat puluhan bonus siap pakai secara gratis, silahkan menjadi member dan klik di rahasiasuksesclickbank.com.
Artikel selanjutnya, Pelajaran Ketiga, akan aku sampaikan hasil kampanye iklanku yang menghasilkan $54.36, dengan biaya iklan tidak lebih dari $9 saja, dari penerapan strategi tahap awal, yaitu hanya mengandalkan promosi di google adwords saja.
Semoga sukses !!!

Artkel terkait :


0 comments: