Monday, August 16, 2010

CARI DUIT DI INTERNET BAGI PEMULA

             CARI DUIT DI INTERNET memang susah-susah gampang. Susah, karena bagi para pemula tentunya belum memiliki pengalaman dan referensi yang memadai untuk memulainya. Gampang, karena banyak sekali situs-situs yang menawarkan cara menCARI DUIT DI INTERNET.
            Postingan kali ini merupakan artikel pembuka dari serangkaian artikel yang akan kutulis tentang pengalaman belajarku menCARI DUIT DI INTERNET. Sesuai dengan misi dari Blog ini: Belajar dan Berbagi agar Tidak Gaptek Lagi.
            Sebelum kita fokus pada topik kita tentang CARI DUIT DI INTERNET, ada baiknya aku bercerita, atau bisa dikatakan ‘curhat’, bagaimana aku sampai pada “titik” atau “level” seperti sekarang ini. Mungkin kisahku sangat mewakili pengalaman teman-teman para pemula.
            Awal aku mengenal dunia internet, ketika itu sekitar bulan April 2009, pada saat lagi awal booming Facebook. Seorang teman mengenalkanku dengan Facebook, sarana komunikasi termutakhir untuk pertemanan dan mencari mantan-mantan teman yang “menghilang” di luar jangkauan komunikasi langsung.
            Dari situlah kemudian aku termotivasi untuk belajar lebih dan lebih giat lagi untuk mengejar ketertinggalanku. Tiap waktu aku browsing, belajar dari buku, tanya teman chatting, dsb. Yang ada di benakku kala itu adalah, bahwa dunia internet tidak berhenti hanya pada satu titik, e-mail dan Facebook saja ! Aku harus mampu lebih. Biar nggak dikatakan gaptek lagi !!!


            Mulailah aku belajar bikin blog. Setelah punya blog satu, bikin lagi yang bahasa inggris. Buat latihan aja. Nggak cukup sampai disitu, buatku blog itu nggak hanya tempat curahan pikiran dan perasaan saja (Cuma sekedar bentuk lain dari buku Diary?) seperti yang orang lain lakukan. Aku ingin selalu meningkatkan kualitas blogku seperti orang lain mampu lakukan. Blogku harus mendapat perhatian dan kunjungan dari orang lain untuk memperoleh apresiasi. Nggak cuma mendatangkan pengunjung dari ajakan melalui email ke teman atau saudara. Aku selalu berpikir bagaimana caranya mendatangkan pengunjung dari para pengguna internet yang lagi searching dan browsing.
            Aku mulai membuka-buka situs para blogger terkenal seperti John Chow, David Cowgill, Jonathan Volk, Socrates Socratous, Joe Shoemaker untuk menjadi Subscriber-nya. Dengan begitu, setiap waktu aku selalu mendapat email dari mereka tentang hal-hal yang bernmanfaat, dapet eBook gratis dan panduan gratis. Dari merekalah aku mendapat pelajaran tentang bagaimana memantau popularitas blog menggunakan tools milik Google seperti Google Analytics (lihat artikel Google Analytics: Pelajaran Pertama dan Kedua), Google Webmaster Tools, Google Trends, Panduan SEO (Search Engine Optimization= Optimalisasi Mesin Pencari, yaitu teori bagaimana meningkatkan rangking di tampilan search engine seperrti Google, MSN, Yahoo, dll). Silahkan lebih lanjut buka artikel Trifecta Google. Dan lumayan juga hasilnya, artikelku yang berjudul Google Analytics: Pelajaran Pertama dan Kedua berada di peringkat atas Google, dari ribuan situs bertema sama, dengan kata kunci yang diketikkan di Google “pelajaran google analytics”. Waah, surprise khan, buat orang yang katanya pemula sepertiku.
Lalu aku juga belajar bagaimana cara mengubah tampilan blog agar terlihat lebih profesional dengan mengganti template dengan desain profesional dari eBlog Templates. Bagaimana menambah pernak-pernik blog, dsb.(buka artikel Bikin Blog Biar Menarik)
            Tapi, mungkin ada yang bertanya, koq tampilan blognya sederhana banget?  Ya iyalaaah, karena aku ingin menyapa dengan penampilan sederhana, menyapa teman-teman para pemula dengan lebih membumi..nggak petantang petenteng. Blog ini bukan untuk jualan produk yang harus menarik perhatian pembeli. Untuk jualan produk, aku akan tulis pada postingan selanjutnya, sementara aku sedang belajar cara CARI DUIT DI INTERNET melalui yang namanya AFFILIATE MARKETING. Tentunya, apa yang akan aku pelajari dan alami akan aku bagikan di blog ini. Dan bila nanti situsku sudah jadi, pasti aku berikan link-nya, supaya bisa dilihat dan dijadikan motivasi untuk melakukan hal yang sama.
Mungkin aku sudah bisa melambaikan tangan pada orang-orang yang pernah bilang aku gaptek, yang ternyata mereka masih berkutat di satu titik dan jalan di tempat : Cuma puas dengan email,chatting,browsing,FB,Tweet.
Aku harus bisa memanfaatkan internet, bukan cuma jadi pangsa pasar para pembuat situs.
Jangan malu dibilang pemula. Kita harus mampu melompat jauh ke depan melampaui mereka!!!!
Mari Belajar Dan Berbagi agar Tidak Gaptek Lagi.



0 comments: