Saturday, September 18, 2010

AFFILIATE MARKETING: PELAJARAN PERTAMA




Postingan kali ini menyambung artikel sebelumnya, bagaimana aku mulai praktek langsung pasang iklan produk clickbank di google adwords. Namanya baru mulai, tentu hasilnya belum maksimal.


Setelah jadi member di rahasiasuksesclickbank.com, lalu download semua panduan dan bonusnya sekalian. Belajar setahap demi setahap, dan mulai coba-coba test pasar untuk produk clickbank. Produk yang coba aku tawarkan adalah mengenai writing jobs, iPad ebooks, dan guitar lesson.

Sesuai panduan GM Susanto, syarat yang harus diperhatikan dalam memasarkan produk tentunya dimulai dengan melakukan survey produk yang lagi trend, dengan menggunakan Google trend. Setelah diperoleh wilayah pemasaran yang peminatnya banyak (waktu itu yg kudapat: guitar lesson trend di new zealand, ipad ebooks di USA dan singapura, writing jobs di UK). Selanjutnya kita bahas satu persatu:


Produk Guitar lesson;
Lakukan test kata kunci menggunakan tools keywordtoolexternal dari google, diperoleh kata kunci yang layak semacam: rythm blues guitar lesson, online guitar lesson.
Lalu test tingkat persaingan dengan tools adtargettingpreviewtools dari google, diperoleh jumlah situs di bawah 2 juta dan posisi iklan masuk 5 besar.....sesuai panduan, ini layak. Jadi aku bikin campaign iklannya dengan kata kunci tersebut. Selanjutnya tunggu iklan di approve.


Produk iPad ebooks;
Langkahnya sama dengan di atas. Diperoleh kata kunci dengan tingkat persaingan yang sedikit, posisi iklan 3 besar, dan tingkat traffic (kunjungan) di atas 2000 perbulan.


Produk writing jobs;
Langkah sama, hasilnya sangat layak. Tingkat persaingan sangat kecil, tingkat kunjungan di atas 2000 perbulan.


Hasilnya adalah, produk guitar lesson sepi pengunjung. Asumsiku, karena new zealand dilanda gempa (logis khan?). untuk produk iPad dapet 5 klik dengan harga per klik di bawah Rp. 2.500,- (harga max bidding ku Rp. 2.500,---3.000,-) jadi, tips GM Susanto terbukti benar, bahwa harga iklan bisa disesuiakn dengan budget yang kita miliki, bahkan di bawah penawaran, bila iklan kita dianggap bagus (banyak dicari, sedikit pesaing). 


Untuk Produk writing jobs, rada lumayan, dapet kunjungan 3-4 klik per hari. Meskipun belum terjadi pembelian, namun sesuai teori, butuh 100 klik untuk dapet menentukan rasio sehingga diperoleh titik impas. Harga bidding kuperoleh Rp. 2.338,- dari yang kutawarkan sebesar Rp. 3.000,- Not Bad for the beginner.


Jadi, poin yang ingin kusampaikan disini adalah bahwa affiliate marketing ini adalah bisnis yang menggiurkan, tapi bukan bisnis duduk manis saja, seperti penawaran iklan cari duit di internet yang lain. Semua bisnis butuh biaya, waktu,tenaga dan pikiran. Namun berbeda dalam besar kecilnya, mudah sulitnya. Di Affiliate marketing ini kita hanya butuh biaya iklan dan beberapa ratus ribu untuk beli domain dan hosting (untuk level selanjutnya). Biaya iklan bisa dikendalikan, kapan mau dinaikkan, kapan mau distop. Lalu, untuk survey pasar,pesaing,produk unggulan, nggak perlu susah-susah turun ke lapangan. Cukup duduk depan komputer, pergunakan tools yang disediakan. Kalau di bisnis konvensional, hal semacam ini kan nggak mungkin? Kalau semua dimasukkan ke dalam komponen biaya tentu sangat besar biaya yang dibutuhkan di bisnis konvensional.


Keep trying, semoga ada peningkatan pada postingan selanjutnya. Buat yang ingin belajar lebih detail, boleh gabung ke rahasiasuksesclickbank.com. Banyak hal yang bisa didapat (lihat artikel sebelumnya : Affiliate Marketing: Pengantar)

Artikel Terkait :



0 comments: