Monday, August 23, 2010

CARI DUIT DI INTERNET BAGIAN KEDUA

            CARI DUIT DI INTERNET bagian kedua ini, akan memaparkan beberapa hal yang pernah aku ketahui dan pelajari, sebagian aku praktekkan juga. CARI DUIT DI INTERNET adalah target akhir, mungkin juga bagi sebagian besar orang yang benar-benar paham dan menyadari manfaat internet. Sebagian lagi mungkin untuk media penyampaian idealisme, sebagian lagi mungkin cuma ikut-ikutan, biar nggak dibilang gaptek atau nggak gaul, buka internet masuk ke situs pertemanan, dan cukup sampai di situ saja. Ya, nggak ada salahnya, masing-masing punya selera.
            Bagi sebagian yang memang ingin membuka diri dengan hal-hal baru, yang termotivasi untuk menghilangkan imej gaptek, dan yang ingin manfaat lebih dari internet, supaya tidak merasa rugi buang duit untuk bayar pulsa atau biaya koneksi, nggak ada jalan lain kecuali kita mencari cara CARI DUIT DI INTERNET. Okelah, email, chatting, FB, TWITTER, anggap batu loncatan saja. Selanjutnya, kunjungi situs-situs apa saja yang menarik minat, sesuai hoby, pengetahuan, pengalaman, dsb. Dari situ akan muncul ide baru, tantangan baru, strategi baru untuk mengambil lompatan selanjutnya. Apakah pingin menuangkan ide baru tersebut dalam sebuah blog, situs, atau sekedar nimbrung di forum-forum. Setelah punya nama, punya brand yang menjual, baru ke langkah akhir yaitu komersialisasi. Dari blog atau website kita bisa dapat duit dari iklan yang terpasang, dengan mengikuti program dari Google AdSense. Masalahnya, apakah kita mampu mendatangkan traffic kunjungan yang cukup untuk menarik minat pengiklan? Kalau masih belum, ya rajin-rajinlah meng-up date artikel dengan hal-hal menarik, sehingga dapat meningkatkan popularitas blog/situs.


            Sambil menggali ide, nggak ada salahnya menerapkan cara kedua CARI DUIT DI INTERNET dengan mengikuti survey berbayar seperti yang pernah kutulis pada postingan sebelumnya (klik di ARTIKEL INI). Daftarnya gratis, jawab survey dapet duit. Nggak ada ruginya khan? Cara lain, coba saja search kata kunci “cari duit di internet”, pasti banyak cara yang kita temukan. Untuk menghindari penipuan, hindari penawaran yang terlalu muluk-muluk, misalnya “cepat kaya tanpa biaya, dapet jutaan cuma duduk manis, Dolar mengalir ke ATM tanpa kerja keras, dll, semacamnya. Kalaupun harus membayar sejumlah uang, perhitungkan apakah yang kita peroleh sepadan atau tidak. Kalau aku sarankan, jangan membeli sistem yang hanya menjanjikan “berlangsung secara otomatis”, tanpa ada tambahan manfaat lain, seandainya sistem itu gagal. Contoh, survey berbayar di atas, kita tidak bayar apa-apa. Kalaupun kita tidak berhasil memperoleh uang sesuai dengan keinginan kita, ya nggak bakalan rugi kan? Atau kalau suatu situs menjanjikan hasil yang memuaskan, tapi ketika kita jalankan ternyata tidak sesuai harapan, yang penyebabnya adalah kesalahan strategi kita, ya bukan salah sistem. Apalagi misalnya selain menawarkan sistem, kita juga diberikan situs langsung jadi, dapat video panduan gratis, dapat e book gratis dsb, tentunya sebanding dan sepadan dengan uang yang kita keluarkan. Kalaupun ndak dapat duit, kita dapat manfaat lain yaitu punya situs yang bisa kita manfaatkan di kemudian hari, dapat pelajaran berharga, dsb. Paling tidak, status pemula kita bisa berubah menjadi praktisi-lah, kalau belum bisa dibilang mahir. Lumayan kan, bisa katakan “bye-bye” kepada sobat yang masih berkubangan di situ-situ aja, cuma tahu FB doang, yang dulu ngatain gue gaptek, apalah…” hehehe, pengalaman pribadi kalee.
            Coba deh kunjungi situs-situs seperti eblogtemplates.com. johnchow.com, bloggingtips.com, dailyblogtips.com. shoemoney.com (buat yang ngerti english) atau yang ini: kayadaribisnisinternet.com punyanya GM Susanto, atau search sendiri deh, biar nggak dibilang promosi. Yang jelas sesuai misiku: Belajar dan Berbagi agar Tidak Gaptek Lagi, ya jadinya, apa yang aku tahu, yang aku pelajari dan alami ya aku sampaikan disini, yang nggak aku sampaikan ya silahkan cari tahu sendiri. Trus di bandingin aja, sharing, dan dibagikan kesini.
            Jadi, kalau pengen CARI DUIT DARI INTERNET, mesti rajin-rajin belajar, tany-tanya biar nggak sesat di internet. Selanjutnya, tunggu postingan berikut tentang cara CARI DUIT DI INTERNET yang akan aku pelajari yaitu dari bisnis AFFILIATE MARKETING. Sebuah bisnis yang menarik, tidak muluk-muluk, tidak menjanjikan mimpi, tapi sama seperti bisnis konvensional lainnya: ada modal (relatif kecil) ada resiko (tergantung kemahiran dan trik) dan hasilnya (sangat) lumayan. Yang terpenting adalah bahwa bisnis ini tidak membuat kita repot bikin produk dan ngurusin tetek bengek penjualan barang. Yang harus kudu wajib mesti diketahui adalah strategi promosi, survey pasar (bisa seluruh dunia) tanpa harus meninggalkan tempat duduk, dan beberapa trik lainnya. Bandingkan dengan jualan pada umumnya. Modal besar untuk bikin/beli barang. Lokasi penjualan terbatas oleh luas wilayah dan jangkauan pemasaran. Biaya promosi besar, survey pasar terbatasi oleh kemampuan menjangkau wilayah pemasaran. Kita juga belum tahu selera pasar seperi apa. Ribet Kan?. Apalagi kalau bisnis gagal, rugi besar kan?
Nah Di Affiliate Marketing ini, semua pekerjaan promosi kita lakukan sambil duduk di depan komputer. Survey pasar, wilayah, selera pasar, peta persaingan, dsb bisa diketahui dengan berbagai tools yang disediakan. Biaya promosi relatif murah, bahkan bisa gratis, kalau sudah tahu triknya. Komisi besar, bahkan lebih besar daripada yang diperoleh si pemilik produk (rata-rata 60% ke atas buat kita dari harga produk). Sekarang tinggal kita, mampu apa nggak, tepat nggak sasaran kita, wilayah pemasaran kita, kata kuncinya, dsb.
Nggak cuma duduk manis trus duit mengalir…ini mah benaran mimpi.
Jadi, tunggu postingan selanjutnya.

Artikel terkait :


0 comments: