Saturday, August 6, 2011

Google Plus, Lebih dari FB


Semakin banyak orang membicarakan google+ (google plus), dengan berbagai macam alasan. Karena sekedar penasaran pengen tahu, atau memang pengen segera gabung. Mengingat ini adalah produk keluaran 'raksasa' Google, semua orang di dunia ini tahu, terutama yang selalu berkecimpung menggunakan internet. Google memang menguasai bidang ini. Dia memiliki layanan browser google chrome, search engine google, Picasa Web untuk album dan sharing foto online, youtube, google map, google earth, blogger, dan muasih buanyak layanan lain yang memudahkan kita melakukan aktivitas di dunia maya.




Google+ merupakan layanan social network seperti halnya saingannya, FB. dengan tampilan yang sama, tentunya dengan maksud untuk memudahkan para calon penggunanya. Dengan kata lain, orang sudah terbiasa menggunakan FB, tak perlu susah-susah untuk menggunakan Google+. Tentunya dengan kelebihan yang ditawarkan di Google+ yang tidak ada, atau boleh dibilang sebagai kelemahan FB. Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh si Google+ ini, mari kita simak berikut ini.

1. Lingkaran/circles, adalah fitur selayaknya grup pada FB. Kita bisa mengelompokkan orang-orang ke dalam satu kesamaan sekolah,hobi,pekerjaan,keluarga, dll. Kelebihan fitur ini ketimbang grup ala FB, adalah ketika kita mem poskan/sharing status di FB, semua orang dapat membaca status kita. Padahal tidak semua orang mengerti apa konteksnya. Ibarat kata "Jaka Sembung bawa golok", mungkin saja malah ada yg nggak sreg membacanya, apalagi yang mengandung SARA.
Di google+, ketika kita akan share status, kita ditawarkan pilihan kepada siapa saja status kita akan tampil. Di dinding/wall (di google+ disebut stream/aliran) siapa saja status kita muncul. Inilah fungsi circles. Mau dibaca temen SMP saja, SMA, rekan kantor, dsb. Tinggal klik pilihan yg ada di bawah kolom stream.


2. Hangouts/ nongkrong

Pada fitur ini, kita tidak saja bisa melakukan obrolan secara tekstual, namun dengan tampilan video live, bahkan multi pengguna. Hal ini belum bisa dilakukan FB.

3. Sparks


 Fitur ini memanjakan kita aliran/feeds  situs-situs pilihan sesuai dengan kesukaan ataupun hobby kita.

4. Huddles, merupakan fitur chatting yang tidak hanya bisa dinikmati ketika kita menggunakan desktop komputer, tapi juga menggunakan mobile phone. Hal yang belum bisa dilakukan jika kita menggunakan FB.

Keempat kelebihan fitur di atas hanya merupakan modal awal bagi google+ untuk memenangkan persaingan dengan layanan jejaring sosial semacam FB, yang tentunya kedepan akan terus dikembangkan lagi. Walaupun saat ini google+ dilansir dalam versi beta, alias trial, namun kita sudah bisa ikut bergabung sebagai pelopor. Google bermaksud bahwa versi awal ini dapat memberikan masukan lebih banyak lagi bagi pengembangan situs google+ . Untuk itulah google membatasi perekrutan ini dengan mensyaratkan calon penggunanya agar mendapatkan undangan/invitation  terlebih dahulu dari Google atau dari orang yang sudah diterima bergabung. Dengan bergabung sebagai pendahulu di google+, kita bisa ikut andil dalam pengembangan google+ di masa depan, dengan mengirimkan saran dan kritik melalui link send feedback,suggestions or get support  yang ada di aplikasinya.
Nah, ayo buruan bergabung.



0 comments: