Sunday, May 6, 2012

6 Aplikasi Fotografi Buat Android


Yang namanya smartphone, seperti halnya smartphone berbasis android, tidak akan afdol kalau tidak dibenamkan berbagai macam aplikasi yang mumpuni. Jangan biarkan androidmu menjadi O'on hanya karena berisikan aplikasi standar buat chating dan fesbukan. Kalau cuman gitu aja sih, yang nggak smartphone juga bisa. Tunjukkan kalau androidmu layak disebut sebagai smartphone.
Ada banyak aplikasi yang ditawarkan oleh para pengembang (developer) aplikasi yang ada di android market (play store). Dari ratusan ribu aplikasi tersebut tentunya butuh perhatian ekstra agar kita tidak salah pilih dan tidak menuh menuhin memori saja.Parahnya lagi, malah mengandung malware yang bisa merusak androidmu. Untuk itu, sesuaikan aplikasi yang akan diinstal dengan kebutuhanmu dan tentukan skala prioritas. Disamping itu pula, pilihlah aplikasi yang merupakan pilihan editor atau pilihan staff, yang artinya aplikasi tersebut memang sudah direkomendasikan oleh tim google. Hal lainnya yang dapat dipakai acuan adalah berapa banyak diunduh, berapa bintang yang didapat. Selanjutnya, kembalikan ke selera atau keinginan.
Setelah 5 aplikasi tools, kini giliran aplikasi fotografi yang akan dijajal. Mengingat tren jejaring sosial yang sedang mewabah, tentunya sharing foto juga sangat dibutuhkan. Aplikasi keren di kategori  fotografi seperti berikut :
1. Instagram.
Aplikasi yang menjadi fenomena karena demikian antusiasnya para pengguna untuk mengunduhnya. Aplikasi ini demikian menarik perhatian para 'pemain' besar di jagat maya karena memiliki basis pengguna puluhan juta. Jumlah yang fantastis, namun masuk akal, sebab Instagram pada awalnya adalah aplikasi khusus bagi pengguna iPhone. Jadi para pengguna iPhone tidak ada pilihan lain kecuali memakai Instagram. Dan karena iPhone adalah smartphone terlaris di seluruh dunia, maka wajar khan pengguna Instagram juga sebanding dengan itu. 
Dari sisi fitur, sama seperti aplikasi fotosharing yang lain, dengan beberapa efek penambahan filter, frame dan pencahayaan. Kelemahannya adalah bahwa foto yang akan diupload harus di crop dulu sesuai format yang telah ditentukan. Jadi, tidak bisa menampilkan format original, apalagi jika kita ingin upload foto dengan format panorama. Jadi, sebatas hanya untuk sharing foto saja, sekedar foto dokumentasi atau sedikit narcis narcisan gitu, ya oke lah.

Dengan perkembangan sekarang, Instagram bisa digunakan oleh smartphone berbasis android, hingga dibeli oleh Facebook, membuat popularitas Instagram semakin fenomenal. Dan sejak dibeli facebook ini format original kotak kotak bisa disesuaikan dengan format foto aslinya (updated 2016).

2. Lightbox
Lightbox merupakan aplikasi fotosharing untuk android. Namun berbeda dari Instagram yang hanya bisa digunakan di perangkat mobile seperti smartphone dan tablet, Lightbox juga punya versi desktop. Artinya, selain bisa diakses melalui perangkat mobile juga bisa diakses dari laptop atau komputer. Fungsinya, selain bisa sharing foto, juga ada beberapa fitur editing seperti efek filter, frame, dsb. Cara meng-upload foto bisa langsung jepret dari kamera atau dengan memilih foto yang ada di gallery foto.




3.Picasa Tool
Picasa adalah situs foto berbasis web yang merupakan salah satu produk dari raksasa Google. Untuk aplikasi di desktop atau laptop namanya Picasa, situsnya adalah Picasaweb, dan untuk aplikasi android namanya Picasa Tool. Disini fitur untuk berbagi foto sangat lengkap. Dari penambahan geotag atau lokasi foto, penambahan link ke situs tertentu, fitur embed yang berfungsi menempelkan foto atau album foto di picasaweb ke situs atau blog. Picasa juga punya fitur pengenalan wajah. Ketika salah satu wajah diberi name tag, maka Picasa akan secara otomatis mengambil foto wajah-wajah yang mirip dengan wajah tersebut, yang meragukan disediakan kolom edit.

4.Pixlr-o-matic
Aplikasi ini menurut saya lebih okey untuk editing foto, meskipun tersedia juga situs fotoweb nya. Sebab dari tiga aplikasi sebelumnya, Pixlr-o-matic menawarkan lebih banyak efek filter, overlay dan frame sehingga bisa menghasilkan jutaan kombinasi efek foto yang sangat menakjubkan. 
5.Picsart
Aplikasi ini sama seperti Pixlr-o-matic, lebih asik jika digunakan untuk editing foto dengan menambahkan berragam efek yang disediakan. Kalaupun ingin bergabung dengan komunitas pengguna picsart, tinggal bikin account saja.

6.After Focus
Aplikasi ini berfungsi untuk mengatur ketajaman obyek yang ada di foto sesuai keinginan, sehingga dapat dihaisilkan foto yang setara dengan hasil jepretan kamera DSLR, meskipun sebenarnya hanya diambil dengan kamera handphone. Foto yang dihasilkan akan memberikan efek blurr pada background. Cara penggunaannya sangat mudah, tinggal membuat garis hayal pada obyek yang ingin dibuat tetap tajam, sementara latar belakang dibikin buram/blur.

Dengan pilihan aplikasi di atas yang wajib ada di gadget android, maka ada tips agar hasil foto bisa maksimal. Sebaiknya sebelum di share atau di upload di situs fotoweb seperti lightbox, picasaweb maupun Instagram, foto di edit dulu dengan menggunakan Pixlr-o-matic, Picsart, After Focus, silahkan pilih salah satu sesuai efek yang disediakan dan sesuai keinginan, atau kombinasi efek-efek yang disediakan ke tiga aplikasi tersebut.
Jadi, jika sudah bosan dengan sharing teks saja yang berisikan diary (lagi makan di anu, lagi sakit nich, laper bangeet, dll)...berkembanglah dengan mengatakan sesuatu melalui gambar. Masak bertahun-tahun gitu-gitu terus?

Artikel Terkait

0 comments: