Sunday, March 25, 2012

FACEBOOK VS GOOGLE+ (2)

Melanjutkan postingan bagian pertama, kali ini aku ingin berbagi lagi tentang fitur-fitur Facebook yang telah diperbaharui, tentunya dengan tujuan menjauhkan diri dari kejaran Google+. Fitur-fitur itu adalah bagaimana kita memperlakukan postingan atau status yang dikirimkan oleh teman-teman FB kita.Tentunya, jika sebelumnya kita sudah mengelompokkan teman-teman kita ke dalam masing-masing kelompok sesuai dengan kategori yang kita inginkan, misalnya: teman SD,SMP,SMA,Kuliah,Rekan Kerja,Keluarga,Famili,Kenalan,Teman dekat, dsb.
Pengelompokan teman-teman di FB ini, pada versi FB awal, hanyalah sebagai pengingat saja. Belum ada fitur untuk memfilter kemana saja postingan atau status kita bisa dibaca. Dulu, setiap status yang kita buat pasti terbaca oleh semua teman FB. Sekarang, mengikuti fitur baru yang ditawarkan Google+ (circle), di FB pun sudah bisa memilah-milah teman mana saja yang bisa membaca status kita, atau disetting ke seluruh teman, bahkan ke publik sekalian.

Di bagian kedua ini,  mengulas fitur yang mengarah kepada prioritas atau sebaliknya pembatasan tampilan status dari teman. Tujuannya tentu bermacam-macam alasan; mungkin teman tersebut terlalu sering mengirimkan status yang menurut kita gak penting, teman tersebut bukan teman yang kita kenal, cuma kenal di FB, atau karena kita hanya ingin memantau status dari teman-teman yang kita prioritaskan. Mungkin karena teman "jauh" itu terlalu banyak bikin status sehingga menuh-menuhin dinding kita, sementara teman sekolah atau teman rekan kerja kita statusnya tergeser jauh di bawah sehingga tidak sempat kita baca..
Fitur ini namanya, acquaintances/kenalan. Dengan menggunakan fitur ini, maka teman yang kita masukkan dalam daftar/list acquaintances, statusnya yang sering muncul menjadi jarang muncul, tanpa harus me remove, dan tanpa diketahui oleh teman tersebut jika dirinya dimasukkan dalam daftar ini.Bagaimana caranya?
Pada halaman home/beranda, klik link friends-more

selanjutnya, akan muncul kelompok-kelompok pertemanan yang kita buat sebelumnya, dan kelompok yang ditunjukkan tanda panah (close friends, acquaintances, restricted). Untuk membuat daftar/list acquaintances, klik tombol add  pada list suggestion, atau kalau nama yang diinginkan tidak ada , klik manage list :


selanjutnya akan muncul halaman pop up seperti berikut :


klik tombol friends, lalu pilih dari daftar teman yang ingin ditambahkan ke dalam daftar acquaintances dengan meng klik fotonya. Jika ingin membatalkan, klik lagi fotonya. Jika sudah selesai memilih, klik tombol finish.
Maka selanjutnya status dari teman-teman yang masuk daftar acquaintances akan dikurangi frekwensinya.

Untuk fitur close friend, fungsinya adalah agar kita bisa lebih banyak mengetahui info tentang teman atau sahabat, disini ada fitur tambahan untuk mengaktifkan notifikasi atau pemberitahuan jika teman-teman yang ada dalam daftar close friend melakukan update status, perubahan profil, dan sebagainya tentang aktivitasnya di Facebook. Sedangkan fitur restricted, justru kebalikannya. Orang-orang yang masuk daftar ini hanya akan dapat melihat info dan profil kita, hanya jika kita membuat status yang disetting publik. Jadi tanpa perlu memblokir atau memutuskan pertemanan, kita bisa membatasi mereka untuk membaca status kita. Cara memasukkan teman ke dalam daftar close friend ataupun restricted, sama halnya seperti membuat daftar acquaintances.
Silahkan sesuaikan kebutuhan kita, apakah kita ingin semua orang membaca status kita, setting lah public. Jika ingin semua teman membaca status kita, settinglah teman/friend (kecuali yang masuk daftar restricted tak mampu melihat status kita). Jika kita ingin membatasi status dari teman yang kita anggap gak penting atau karena statusnya sering tidak nyaman, masukkan dia ke daftar acquaintances. Dan bila ingin memantau dari A sampai Z apa yang dilakukan teman sehubungan dengan aktivitasnya menggunakan FB, masukkan dia dalam daftar close friend. Selamat ber Facebook ria dengan aman dan nyaman....

Artikel terkait:
Facebook VS Google+
Google+ lebih dari FB


0 comments: