Saturday, March 24, 2012

FACEBOOK VS GOOGLE+

Google + (google plus) adalah layanan situs jejaring sosial yang dikeluarkan oleh raksasa mesin pencari (search engine) google, dengan maksud mengikuti jejak kesuksesan Facebook bikinan Mark Zuckerberg. Sejak kemunculannya pertama, Google + memulainya dengan terbatas (versi beta), yang mana, untuk para pengikutnya harus menerima invitation terlebih dahulu dari google atau dari orang yang sudah ikut google+. Kesannya adalah, jika kita bisa ikut pada versi awal ini maka ada rasa bangga bahwa kita menjadi salah satu dari sekian pengguna yang terbatas sebagai pengguna pertama.
Lalu apa saja yang ditawarkan oleh Google+ untuk menjadi pesaing Facebook? Dari sekian fitur yang ditawarkann oleh Google+, yang menjadi pembeda adalah fitur Circle yang mana dengan fitur ini pengguna bisa menentukan lingkaran mana yang bisa membaca postingan atau update status kita. Circle ini dibuat sendiri oleh pengguna seperti halnya kita mengelompokkan teman di FB ke kelompok teman sekolah,teman kerja,famili,dsb. (lihat lebih lenkap tentang google+).
Rupanya, kehadiran Google+ ini membuat Mark ketar ketir juga, buktinya beberapa saat setelah Google+ hadir di dunia maya, Facebook langsung bergerak (bisa dibilang mengikuti langkah Google+) dengan membuat tombol pilihan bagi pengguna,kemana saja akan dibagikan/share statusnya. Fitur ini terletak di sebelah pojok kanan bawah dari kotak isian status. Disitu terdapat pilihan: publik,friends, dst. sesuai nama kelompok teman yang ada di friends list. 


Disamping itu, untuk menjauhkan posisinya dari Google+, ada fitur lain yang juga ditambahkan yaitu timeline (kronologi). Jika kita mengaktifkan fitur ini, maka tampilan halaman dinding kita akan berisikan aktivitas kita di Facebook, riwayat pendidikan,pekerjaan, perjalanan hidup dari kita lahir, serta kapan mulai menggunakan facebook (keliahatan dari status pertama yang kita buat, yaitu mendaftar sebagai anggota facebook),dst, berdasarkan kronologis waktu. (tentunya jika kita mengisi lengkap data-data tanggal lahir, tamat sekolah,kuliah, kerja dimana sejak kapan, kapan married, dsb). Tombol pilihan timeline;setelah kita mengubah tampilan profil ke tampilan time line; ada pada halaman profil, sebelah kanan yang berisikan :Now, dan angka tahun.




Bagi yang selama ini lebih menggunakan FB via mobile phone, tentunya fitur ini tidak tersedia. Sekali-sekali cek di desktop/komputer tampilan profilmu, apakah sudah menggunakan fitur-fitur terbaru dari Facebook?
Dan mungkin seiring meningkatnya pengguna Google+ demikian juga gencarnya perkembangan fitur di Facebook supaya terus menjadi yang terdepan.





















0 comments: