Monday, January 4, 2010

Kartu Ucapan Di Facebook

     Yang namanya kirim-kirim salam dan ucapan selamat adalah satu hal wajib dalam kita bersosialisasi, khususnya di situs pertemanan seperti di Facebook. Apalagi momennya pas ada yang Ulang Tahun, Hari Raya Idul Fitri, Natal Dan Tahun Baru, Hari Valentine, dsb. Pasti trafiknya naik dan penuh kata-kata ucapan selamat.Untuk menambah kesan lebih personal dan lebih menarik, ada baiknya ucapan selamat dibuat sekalian dengan Kartu Ucapannya. Banyak cara untuk menampilkan kreatifitas kita, mulai dari upload foto diri, upload foto kartu ucapan, pakai eCards, atau bagi yang jago Photoshop, bisa aja bikin gambar menarik lalu diupload ke Profil Facebook.
     Salah satu aplikasi menarik bernama Blingee Book yang disediakan oleh situs Blingee.com. Situs ini menyediakan aplikasi gratis untuk membuat kartu ucapan dengan bermacam jenis dan tambahan (stamps), seperti huruf yang bling-bling, animasi kembang api, beragam bingkai, dan juga kartu sudah jadi. Kalau pengen aplikasi ini ada di Facebook, coba saja klik aplikasi/aplication  di sebelah kiri pada Beranda/home  FB anda, dan akan muncul beberapa macam aplikasi.

dan carilah aplikasi Blingee Book, lalu pilih.

Setelah muncul halaman Blingee book, klik di pojok kiri atas di bawah logo Blingee: go to application.

Sebelum memulai bikin kartu ucapannya, ada baiknya aplikasi ini dibuatkan bookmark-nya, agar di lain waktu kita buka facebook, logo blingee sudah masuk di halaman aplikasi kita. Caranya, tinggal klik tombol Bookmark this application di pojok kanan atas.

     Sekarang kita mulai bikin Kartu Ucapannya, silahkan pilih, apakah mau gampang aja, tinggal pilih kartu yang ditawarkan Blingee sesuai tema ( New Year, Happy Birthday, Greetings, Holiday, dsb). Kalau mau lebih personal, ada baiknya bikin sendiri saja. Jadi kita bisa pilih foto atau gambar punya sendiri yang ada di komputer. Contohnya, pengin ngucapin selamat tahun baru. Pertama-tama, klik create a  blingee now. Lalu akan muncul kotak kosong tempat kita meng upload gambar/foto yang kita inginkan. Pilih salah satu album yang ada di foto profil, lalu pilih foto yang ingin digunakan, dan klik make a blingee. Setelah foto tertempel di kotak yang tersedia, lalu add some bling,dengan memilih stamps (pernak-pernik) yang sesuai dengan selera kita, mau tambah bintang, huruf animasi, kembang api dsb. Klik dulu tanda tambah, lalu pilih salah satu stamps di kotak pilihan di bawah. Kembali ke foto, arahkan tanda tambah di foto kita untuk menempatkan stamp yang telah dipilih. Kalau pengin mindahin lagi ke tempat yang lain, klik logo tangan, lalu klik dan drag sesuai tempat yang baru. Silahkan coba-coba dengan logo yang lain sampai sesuai dengan keinginan. Kalau sudah selesai, tinggal di Save . Lalu muncul kartu yang telah kita buat, dengan  pilihan Publish and save dan cancel. Publish and save berarti kartu ucapannya langsung di publish/ditampilkan di wall kita, dan sama halnya seperti bikin status, maka semua orang akan melihatnya. Pilihan cancel akan membawa kita pada jendela baru dengan pilihan menandai teman kita yang ingin kita kirimi kartu tersebut. Tinggal centang kotak di sebelah kiri nama teman, maka teman yang bersangkutan akan diberi notification/pemberitahuan bahwa dia mendapat kiriman kartu tersebut. Terakhir, tinggal di send to friends' wall.
     Aplikasi Blingee Book ini benar benar bermanfaat bagi kita untuk membuat postingan kita semakin personal dan kreatif. Dan yang menerima kiriman kartu ucapan tentu sangat senang.
Selamat mencoba dan berkreasi.
 mansukamansukamansukamansukamansukamansukamansukamansukamansukamansukamansuka

0 comments: