Monday, January 18, 2010

Bikin Blog Di MULTIPLY.COM

     Yang namanya kegiatan menulis blog , kadang kebanjiran ide, kadang kehabisan ide. Kalau lagi mentok gini, mesti deh buka situs aneh-aneh  yang katanya bisa bikin tambah fresh.
mansukamansukamansukamansukamansukamansukamansukamansukamansukamansuka
  
     Tapi kali ini kebetulan habis chatting sama teman, diskusi masalah blog, SEO, google analitycs.....gitu deh. Sampai pada topik bikin blog di multiply. Apaan tuh? Penasaran, langsung berkunjung ke situs multiply.com.
Setelah melakukan registrasi dengan cara mengisi kotak yang tersedia dengan nama user yang kita inginkan menjadi alamat situs kita, nama depan, nama belakang, e-mail, passwords....klik register. Jadilah situs multiply milik kita. Tampilannya seperti sebuah blog, tapi kalau dicermati dari keterbatasan settingan yang ada (settingan sudah disediakan oleh multiply) ini mirip FB dengan pengembangan keleluasaan mengganti tampilan (theme), seperti halnya di Blogger. Tapi tentunya lebih simpel dibandingkan dengan website atau blog yang sifatnya lebih personal dan independen. Multiply ini merupakan situs pertemanan dengan mengutamakan sisi writingskill, jika di FB mengutamakan sisi sosialisasi. Bagi member FB yang merasa belum puas mengungkapkan ide-ide kreatifnya, dan terbatasnya media untuk itu (di FB hanya tersedia halaman Notes), tentunya di multiply ini bisa menemukan ruang yang cukup untuk itu.
     Multiply memberikan kebebasan untuk melakukan editing beberapa hal seperti tema (tampilan), cara upload foto yang tidak terbatas upload secara offline dari hard disk/flashdisk saja seperti halnya kalau di FB, tapi juga memungkinkan meng import file foto dari situs-situs foto online (flickr,picasa,photobucket,kodak easy share, dsb). Lebih memudahkan kita saat kita sering menggunakan komputer berbeda dan lupa bawa flashdisk. Dengan memiliki album foto di situs online, tentunya dimanapun kita online, bisa melakukan import foto ke situs multiply.
     Kalau ingin melakukan setting silakan klik aja customized my site, maka akan muncul di atas halaman pilihan settingan yang ingin dilakukan, choose a theme, custom css, page layout, add tab contents.Sementara itu pada halaman utama pada masing-masing bagiannya (foto,notes,blog,dsb) terdapat tombol, move,hide dan edit. Fungsinya untuk mengubah tampilan per bagian. Tema tampilan yang disediakan lumayan banyak, tinggal pilih salah satu yang disukai. Kalau sudah yakin dengan semua ubahan yang dilakukan, tinggal tambah data-datanya, upload foto,video, bikin blog, invite temen untuk nantinya sebagai tempat sharing. Pada dasarnya, situs ini masih dalam kerangka situs jejaring sosial, yakni berbagi sesuatu kepada orang lain dalam lingkup komunitas multiply, entah itu curhat, cerita, tips, bisnis, foto dsb, yang juga dilakukan dalam situs FB, dengan beberapa kelebihan dan perrbedaan yang disebutkan di atas tadi.
     Namun jika dibandingkan dengan website maupun blog, tentu berbeda dalam kategorinya sebagai media informasi terbuka, tidak sebatas dalam komunitas tertentu saja. Blog maupun website memiliki fungsi yang lebih luas dan memiliki independensi lebih terbuka bagi pemiliknya, karena di dalamnya terdapat pengaturan/settingan yang tak terrbatas dan bisa diambil dari luar yang telah disediakan. Dengan adanya keleluasaan settingan menggunakan bahasa CSS dengan kode HTML/XML tentunya kreasi bisa tak terbatas dan bisa lintas situs, tak terbatas pada fasilitas yang disediakan Blogger (contoh) saja, tapi bisa import dari situs di luar Blogger. Promosi situs tidak hanya mengandalkan cara manual seperti mengundang/invite teman lewat email dan memajang badge kita di situs lain (cara yang bisa dilakukan multiply) saja, tapi lebih dari itu, website dan blog bisa melakukan optimalisasi di search engine sehingga bisa diindex di search engine macam google atau yahoo.
     Sebagai situs jejaring sosial yang mulai bergerak cepat dengan komunitas yang meningkat pesat, tentunya multiply merupakan alternatif bagi pengguna yang bosan dengan cuma sekedar kasi komentar dan sharing foto di FB, dan bisa lebih mendapat ruang menuangkan ide-idenya, dan tentunya tetap bisa sharing foto dan video. Sebatas untuk berbagi cerita dan ide tentu sudah lebih dari cukup untuk menggunakan ruang yang tersedia di situs ini, sambil belajar dan menambah jam terbang dalam menulis blog. Selanjutnya agar bisa ke tahap berikutnya, bikin blog dan mengelolanya menjadi blog yang populer dan dikunjungi banyak peminat
    

0 comments: